Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Cacar Monyet Bisa Menular Melalui Hubungan Seksual?

Kompas.com - 05/08/2022, 20:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Cacar monyet dapat menginfeksi siapa saja dari berbagai kalangan usia.

Orang yang tinggal dengan atau memiliki kontak dekat (termasuk kontak seksual) dengan seseorang yang menderita cacar monyet atau yang memiliki kontak rutin dengan hewan yang dapat terinfeksi adalah kelompok yang paling berisiko.

Bayi baru lahir, anak kecil, dan orang dengan defisiensi imu mungkin berisiko mengalami gejala yang lebih serius, dan dalam kasus yang jarang terjadi, kematian akibat cacar monyet.

Cacar monyet menular melalui hubungan seksual 

Dilansir dari World Health Organization (WHO), cacar monyet dapat menyebar melalui kontak dekat dalam bentuk apa pun, termasuk melalui ciuman, sentuhan, seks vaginal, anal, oral, dan penetrasi dengan seseorang yang terinfeksi. 

Baca juga: Cacar Monyet Mengancam Kesehatan Global, Bagaimana Persiapan Rumah Sakit Menghadapinya?

Jika memiliki ruam baru yang tidak biasa atau lesi kulit, harus menghindari kontak seksual sampai melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah terinfeksi menular seksual (IMS) atau cacar monyet. 

Cacar monyet dapat menyerupai penyakit menular lainnya, seperti cacar air, herpes, dan sifilis. 

Perlu diingat bahwa ruam juga dapat ditemukan di tempat-tempat yang sulit dilihat, termasuk mulut, tenggorokan, alat kelamin, vagina, dan area anus.

Meskipun virus cacar monyet telah ditemukan dalam air mani, saat ini belum diketahui apakah cacar monyet dapat menyebar melalui air mani atau cairan vagina. 

Orang dengan cacar monyet disarankan untuk menggunakan kondom selama 12 minggu setelah mereka pulih sampai lebih banyak diketahui tentang tingkat virus dan potensi infektivitas dalam air mani selama periode setelah pemulihan.

Baca juga: Satu Pasien di Jawa Tengah Suspek Cacar monyet, Ini Klasifikasi Statusnya Menurut Kemenkes

Mengenakan kondom tidak akan melindungi dari cacar monyet, tetapi akan membantu melindungi diri dan orang lain dari berbagai IMS lainnya.

Virus cacar monyet juga tidak hanya menyebar melalui kontak seksual, tetapi melalui segala bentuk kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi. 

Orang yang tinggal di rumah yang sama berisiko lebih tinggi. Siapa pun yang memiliki gejala cacar monyet harus segera mencari perawatan dari petugas kesehatan.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com