Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cacar Monyet Mengancam Kesehatan Global, Bagaimana Persiapan Rumah Sakit Menghadapinya?

Kompas.com - 05/08/2022, 08:03 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wabah cacar monyet atau monkeypox saat ini masih menjadi perhatian dunia. Kendati belum ditemukan di Indonesia, bagaimana persiapan rumah sakit menghadapi ancaman penyakit ini? 

Beberapa waktu lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global atau Public Health Emergency International Concern (PHEIC).

Hingga saat ini, cacar monyet di Indonesia memang belum ditemukan.

Meski begitu, Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) drg Susi Setiawaty, MARS, menyampaikan bahwa rumah sakit telah mempersiapkan diri untuk menghadapi potensi ancaman wabah cacar monyet

"Untuk cacar (cacar monyet) di sini (Indonesia) belum, mudah-mudahan sih ya tidak (ditemukan). Tapi saya rasa semua rumah sakit untuk ini (penanganan cacar monyet) sudah terlatih,” ungkapnya di sela-sela seminar nasional VIII dan Health Care Expo VI "Tumbuh dan Berkembang Bersama Transformasi Sistem Kesehatan" yang digelar ARSSI, Rabu (3/8/2022).

Ia menambahkan, obat untuk penyakit cacar monyet hampir semuanya adalah antivirus.

Baca juga: Belum Ada Kasus Cacar Monyet di Indonesia, Ini yang Perlu Dilakukan untuk Mencegah Penyebarannya

Persiapan rumah sakit hadapi cacar monyet tak hanya itu saja, baik tata laksana maupun penangannya tidak begitu berbeda dengan penyakit virus lainnya.

“Biasanya kalau dirawat kan diisolasi, dan itu sudah ada semua. Sekarang teman-teman menyiapkan ruang isolasi, kan sudah ada aturannya apalagi kita pandemi itu malah isolasinya lebih banyak," jelas Susi.

“Saya rasa pengobatan dan tata laksananya hampir sama dengan (penyakit akibat) virus lain dan sudah ada edarannya juga," lanjutnya lagi.

Susi menambahkan, Covid-19 juga merupakan penyakit virus seperti cacar monyet. Sehingga, para tenaga kesehatan sudah banyak belajar terkait penanganannya.

“Kalau untuk penanganan, Covid itu kan virus juga ya jadi untuk penanganan cacar monyet itu saya rasa teman-teman sudah belajar banyak dari Covid," pungkasnya.

Wabah penyakit cacar monyet

Sebagai informasi, cacar monyet adalah penyakit yang dapat menular dari hewan ke hewan, serta ditularkan dari hewan ke manusia (zoonosis). 

Baca juga: Satu Pasien di Jawa Tengah Suspek Cacar monyet, Ini Klasifikasi Statusnya Menurut Kemenkes

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com