Asteroid 2022 OE2 Lewat Dekat Bumi Malam Ini, Lebarnya Lebih dari 2 Lapangan Football

Kompas.com - 04/08/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Asteroid 2022 OE2 dipastikan akan lewat dekat Bumi pada malam ini, Kamis (4/8/2022). Ukuran asteroid ini lebih lebar dari 2 lapangan sepakbola.

Dilansir dari Live Science, Kamis (4/8/2022), para astronom menemukan asteroid ini pada 26 Juli lalu.

Asteroid 2022 OE2 diperkirakan akan meluncur melewati Bumi pada pukul 12.23 (ET) atau sekitar pukul 23.23 WIB (waktu Indonesia).

Asteroid lewat dekat Bumi ini ditemukan astronom NASA pada 26 Juli lalu, dan merupakan batu ruang angkasa yang cukup besar ukurannya.

Ukuran asteroid ini diperkirakan sekitar 170 hingga 380 meter, yakni sekitar dua kali ukuran lapangan football Amerika.

Baca juga: Fenomena Langit Agustus 2022: Asteroid Lewat Dekat Bumi hingga Hujan Meteor Perseid

Para astronom mengkonfirmasi bahwa asteroid 2022 OE2 yang akan lewat dekat Bumi malam ini adalah asteroid kelas Apollo, yang berarti mengorbit matahari dan melintasi jalur orbit bumi. Ada sekitar 15.000 asteroid serupa 2022 OE2 di ruang angkasa.

Jika asteroid ini menabrak Bumi, maka diperkirakan akan dapat melepaskan lebih banyak energi setara 1.000 bom nuklir.

Namun, asteroid 2022 OE2 ini akan kehilangan energinya saat memasuki atmosfer Bumi dengan selisih yang lebar, menurut NASA's Jet Propulsion Laboratory.

Asteroid 2022 OE2 diperkirakan akan melewati Bumi pada jarak sekitar 3,2 juta mil atau sekitar 5,1 juta Km, yakni lebih dari 13 kali jarak rata-rata antara Bumi dan bulan.