Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asteroid Raksasa Lewat Dekat Bumi Hari Ini, Begini Potensi Dampaknya jika Meleset

Kompas.com - 28/04/2022, 14:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - NASA memperingatkan mengenai adanya asteroid raksasa 418135 (2008 AG33) yang akan lewat dekat Bumi hari ini, Kamis (28/4/2022).

Asteroid 418135 (2008 AG33) ini memiliki diameter 350-780 meter atau nyaris enam kali tinggi Tugu Monas Jakarta. Ia melesat dengan kecepatan 30 kali lipat kecepatan suara.

Asteroid ini akan lewat di dekat Bumi hari ini dalam jarak 8,5 kali lipat jarak rata-rata Bumi-Bulan, atau setara 3,2 juta kilometer.

Walaupun 3,2 juta kilometer terdengar sangat jauh sekali, jarka tersebut tergolong sangat dekat dalam standar luar angkasa.

NASA mengategorikan semua obyek luar angkasa yang berada dalam jarak 193 juta kilometer dari Bumi sebagai “obyek dekat-Bumi”.

Baca juga: NASA Peringatkan, Asteroid Raksasa Akan Melesat Dekat Bumi Besok

Astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo, mengatakan, asteroid raksasa ini tergolong asteroid dekat-Bumi kelas Apollo, sehingga memiliki orbit yang bisa bersinggungan dengan orbit Bumi.

Dampak jika asteroid raksasa meleset dari lintasan

NASA menyebutkan, obyek seperti 2008 AG33 yang berada dalam jarak 7,5 juta km dari Bumi dianggap "berpotensi berbahaya".

Sebagai obyek yang dianggap "berpotensi berbahaya", asteroid 2008 AG33 pun akan dimonitor secara ketat oleh para astronom.

Pasalnya, jika asteroid ini meleset dari lintasan yang telah diprediksi, 2008 AG33 bisa bertabrakan dengan Bumi.

Marufin menjelaskan, meskipun saat ini asteroid raksasa mendekati Bumi yang satu ini diperkirakan tidak bertabrakan dengan Bumi, setidaknya hingga satu abad ke depan.

Kendati demikian, asteroid lewat dekat Bumi ini tetap harus terus dimonitor. Sebab, dampak yang dapat ditimbulkan asteroid raksasa ini jika bertubrukan dengan Bumi maka akan cukup merugikan penduduk Bumi.

Baca juga: 5 Fakta Asteroid Raksasa yang Akan Melintas Dekat Bumi Awal Februari Nanti

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com