Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Peringatan Dini Cuaca Ekstrem | Jejak Kaki Hantu Kuno di Gurun Utah | Bumi Super di Zona Layak Huni | Kapan Ibu Hamil Melahirkan Normal

Kompas.com - 04/08/2022, 07:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (3/8/2022).

Masyarakat diimbau untuk waspada potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkan. Peringatan dini cuaca ekstrem ini berlaku hingga hari ini, Kamis (4/8/2022).

Berita populer Sains lain yakni temuan langka tentang jejak kaki hantu kuno di Gurun Utah, Amerika Serikat.

Serangkaian jejak kaki kuno yang aneh ini, menurut peneliti hanya akan terlihat setelah hujan.

Teleskop Subaru telah mendeteksi keberadaan exoplanet di zona layak huni katai merah. Exoplanet atau planet ekstrasurya itu disebut memiliki ukuran raksasa dan dijuluki Bumi Super.

Insiden bayi meninggal dunia saat proses persalinan normal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang, Jawa Timur pada Kamis (28/7/2022) lalu, menarik perhatian masyarakat.

Belajar dari insiden tersebut, berita tentang kapan ibu hamil bisa melahirkan secara normal, menjadi informasi populer Sains sepanjang Rabu kemarin.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (3/8/2022) hingga Kamis (4/8/2022).

Peringatan dini cuaca ekstrem BMKG

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang diakibatkan sirkulasi siklonik.

Peringatan dini cuaca ekstrem ini berdasarkan analisis BMKG, yang menunjukkan sirkulasi siklonik terpantau di Selat Karimata dan Samudra Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai.

Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi), memanjang dari Laut Jawa bagian barat hingga Lampung, di Laut Natuna, dan di Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai.

Selain itu, berdasarkan analisis cuaca ekstrem BMKG, daerah konvergensi lainnya memanjang dari pesisir selatan Banten hingga Selat Sunda, di Kalimantan Barat, di Kalimantan bagian tengah, di Sulawesi bagian tengah, di perairan barat Bengkulu, di Maluku Utara, di Maluku, dan di Papua.

Kemudian, terpantau juga daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Hindia sebelah barat Sumatera dan di Laut Natuna.

Berita populer Sains tentang peringatan dini cuaca ekstrem BMKG yang masih berpotensi terjadi hingga hari ini, Kamis (4/8/2022) ini, selengkapnya bisa dibaca di sini.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 3-4 Agustus 2022, Ini Daftar Wilayahnya

Jejak kaki hantu kuno di Gurun Utah

Serangkaian jejak kaki kuno misterius ditemukan di Gurun Utah, Amerika Serikat. Keanehan temuan langka ini, kemudian disebut para ahli sebagai jejak kaki hantu. Sebab, menurut peneliti, jejak kaki misterius ini hanya akan terlihat setelah hujan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com