Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koin Bergambar Zodiak Cancer Ditemukan di Israel

Kompas.com - 03/08/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Arkeolog Israel yang menyelam di Laut Mediterania telah menemukan koin perunggu unik di dasar laut. Koin ini bergambar simbol zodiak Cancer.

Koin tersebut menurut peneliti berasal dari salah satu periode paling damai di Kekaisaran Romawi.

Namun apa yang membuat unik dari temuan koin itu adalah pada satu sisinya menggambarkan Luna, dewi bulan Romawi dan bagian bawahnya bergambar tanda zodiak Cancer.

Dikutip dari Live Science, Selasa (2/8/2022) tim melihat koin perunggu berusia sekitar 1.850 tahun tersebut saat menjelajah lepas lantau Haifa di Israel utara.

"Ini adalah pertama kalinya koin semacam itu ditemukan di lepas pantai Israel," kata Jacob Sharvit, direktur Unit Arkeologi Maritim Otoritas Barang Antik Israel (IAA) dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Hilang 1.000 Tahun, Koin Perak Raja Terkenal Bangsa Viking Ditemukan di Hongaria

Koin bergambar zodiak Cancer itu diketahui dicetak pada masa pemerintahan Kaisar Antoninus Pius, antara tahun 138 dan 161 M.

Antoninus Pius memerintah setelah Kaisar Hadrian, yang mencoba melenyapkan orang-orang Yahudi dan meromanisasi orang-orang di provinsi Yudea.

Kondisi membaik bagi orang-orang Yahudi di bawah Antoninus Pius. Ia hanya membutuhkan waktu sekitar satu tahun untuk mencabut dekrit yang menargetkan orang-orang Yahudi.

Secara umum, Antoninus Pius dikenal sebagai salah satu kaisar terakhir yang memerintah selama Pax Romana, era relatif damai di Roma yang berlangsung antara 27 SM dan 180 M.

Daripada menggunakan kekuatan militer untuk menyelesaikan masalah, Antoninus Pius diketahui mendelegasikan perbedaan regional melalui gubernur lokal.

Baca juga: Studi Koin Kuno Ungkap Krisis Keuangan yang Terjadi di Romawi Kuno

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com