Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 1.000 Tahun, Koin Perak Raja Terkenal Bangsa Viking Ditemukan di Hongaria

Kompas.com - 13/06/2022, 17:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Koin perak kecil yang ditandai dengan nama raja Viking yang terkenal berhasil diidentifikasi. Koin yang ditemukan di Hongaria Selatan ini menghilang hampir 1.000 tahun yang lalu.

Saat itu, koin Norwegia awal dalam mata uang “penning”, tidak terlalu berharga meski terbuat dari perak dan bernilai setara dengan sekitar 20 dollar AS pada hari ini.

“Penning ini setara dengan denar yang digunakan di Hungaria pada saat itu,” tutur seorang arkeolog di Museum Rippl-Rónai di Kota Kaposvár Hungaria Selatan yang juga seorang mahasiswa doktoral di Universitas Szeged Hungaria seperti dikutip dari Live Science, Senin (13/6/2022).

Koin Raja Viking ditemukan oleh detektor logam Zoltán Csikós awal tahun ini di sebuah situs arkeologi di pinggiran desa Várdomb, dan menyerahkannya kepada arkeolog András Németh di Wosinsky Mór County Museum.

Situs Várdomb menyimpan sisa-sisa pemukiman abad pertengahan Kesztölc, salah satu kota perdagangan terpenting di wilayah tersebut saat itu. Di sini, para arkeolog telah menemukan ratusan barang peninggalan jaman dahulu termasuk ornamen pakaian dan koin.

Baca juga: Pedang Viking yang Terpisah 1.200 Tahun Akhirnya Disatukan

Ada banyak bukti kontak antara Hongaria abad pertengahan dan Skadinavia, termasuk artefak Skandinavia yang ditemukan di Hongaria dan artefak Hongaria yang ditemukan di Skandinavia, seperti penemuan koin Raja Viking yang terkenal di masa itu. 

Artefak-artefak bangsa Viking ini kemungkinan dibawa oleh pengrajin yang berdagang atau bepergian. Akan tetapi, ini pertama kalinya koin Skandinavia ditemukan di Hungaria.

Koin Raja Viking Harald Hardrada

Koin yang ditemukan di situs Várdomb dalam kondisi yang sudah tidak baik, tapi dapat dikenali sebagai tulisan Norwegia yang dicetak antara tahun 1046-1066 untuk Raja Harald Sigurdsson III.

Ia juga dikenal sebagai Harald Hardrada, di Nidarnes atau Nidaros, pada abad pertengahan di Trondheim di Norwegia tengah.

Bagian depan koin perak menampilkan nama raja “HARALD REX NO”, berarti Harald yang merupakan Raja Norwegia. Koin perak Raja Viking ini juga dihiasi dengan triquetra, simbol tiga sisi yang mewakili Tritunggal Mahakudus Kristen.

Baca juga: Bangsa Viking Lebih Dulu Menghuni Amerika Sebelum Columbus Datang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com