Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 3-4 Agustus 2022, Ini Daftar Wilayahnya

Kompas.com - 03/08/2022, 08:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem untuk sejumlah wilayah di Indonesia pada 3-4 Agustus 2022.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang berencana untuk beraktivitas di luar rumah, sebaiknya tetap mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir, dan angin kencang diakibatkan sirkulasi siklonik.

Berdasarkan analisis BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Selat Karimata dan Samudra Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi), memanjang dari Laut Jawa bagian barat hingga Lampung, di Laut Natuna, dan di Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 24-25 Juli 2022 untuk Wilayah Berikut

Selain itu, berdasarkan analisis cuaca ekstrem BMKG, daerah konvergensi lainnya memanjang dari pesisir selatan Banten hingga Selat Sunda, di Kalimantan Barat, di Kalimantan bagian tengah, di Sulawesi bagian tengah, di perairan barat Bengkulu, di Maluku Utara, di Maluku, dan di Papua.

Kemudian, terpantau juga daerah pertemuan angin (konfluensi) di Samudra Hindia sebelah barat Sumatera dan di Laut Natuna.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/8/2022).

Berikut peringatan dini cuaca ekstrem BMKG yang dikeluarkan untuk sejumlah wilayah di Indonesia. 

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com