Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Booster Pfizer untuk Remaja Usia 16-18 Tahun Kantongi Izin BPOM

Kompas.com - 02/08/2022, 19:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Vaksin booster Pfizer akhirnya mengantongi izin penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) untuk digunakan pada anak remaja. 

Vaksin booster Pfizer, atau yang disebut vaksin  Comirnaty ini diberikan pada kelompok usia 16-18 tahun.

Kepala BPOM RI, Penny K Lukito menjelaskan bahwa hal ini merupakan persetujuan pertama vaksin Covid-19 untuk penggunaan dosis vaksin booster anak pada kelompok usia tersebut.

Sebab, saat ini pemberian vaksin booster baru ditujukan bagi usia 18 tahun ke atas.

Vaksin comirnaty merupakan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA yang dikembangkan oleh Pfizer-Biontech," terang Penny saat meresmikan penggunaan vaksin Comirnaty atau vaksin Pfizer sebagai booster bagi anak usia 16-18 tahun di Indonesia dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (2/8/2022).

 Baca juga: Vaksin Booster Pfizer Bertahan Lawan Omicron Selama 4 Bulan, Studi Jelaskan

"Vaksin Comirnaty (vaksin booster Pfizer) merupakan satu dari 13 vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan persetujuan EUA di Indonesia," sambungnya.

BPOM menyebut, vaksin comirnaty sebelumnya telah mendapat EUA di Indonesia pada 14 Juli 2021 dengan indikasi untuk vaksinasi primer pada usia 12 tahun atau lebih.

Setelah itu, BPOM kembali mengeluarkan persetujuan perluasan EUA vaksin Comirnaty untuk penambahan posologi dosis booster bagi dewasa usia 18 tahun atau lebih, per tanggal 2 Januari 2022 (booster homolog), dan 11 Januari 2022 (booster heterolog).

“Adapun dosis booster vaksin comirnaty yang disetujui sebanyak 1 dosis (30 mcg/0.3 mL) untuk sekurang-kurangnya 6 bulan setelah dosis kedua vaksinasi primer menggunakan vaksin Comirnaty (booster homolog),” ungkap Penny.

Vaksin booster Pfizer untuk remaja dinilai aman

BPOM sendiri telah melakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, dan khasiat pemberian dosis booster vaksin Pfizer pada anak remaja.

Baca juga: CDC Sebut Vaksin Booster Pfizer 90 Persen Efektif Lawan Infeksi Omicron

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com