Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Kompas.com - 27/04/2022, 15:40 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem karena pengaruh bibit siklon tropis 98S dan sirkulasi siklonik. Masyarakat diimbau waspada hujan lebat disertai angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan bahwa keberadaan bibit siklon tropis 98S ini akan secara tidak langsung meningkatkan risiko terjadinya hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir, serta gelombang tinggi.

Bibit siklon tropis 98S terpantau di Samudra Hindia sebelah selatan Jawa Barat dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1000 mb.

“Sistem ini bergerak ke arah timur-tenggara dan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah,” kata Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: BMKG: Peringatan Dini Potensi Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir

Peringatan dini cuaca ekstrem BMKG disebutkan bahwa selain bibit siklon tropis 98S, ada pula sirkulasi siklonik yang terpantau di Laut Sulawesi yang membentuk daerah konvergensi.

Daerah konvergensi ini memanjang dari Laut Sulu hingga Laut Sulawesi bagian barat, dari Laut Maluku bagian utara hingga Laut Sulawesi, dari Selat Makassar hingga Sulawesi bagian utara, dari perairan timur Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, dan dari Pulau Buru hingga Laut Maluku bagian selatan.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis atau sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut,” jelasnya.

Dengan begitu, BMKG memberikan peringatan dini cuaca, diimbau agar masyarakat di sejumlah wilayah harus meningkatkan antisipasi terhadap potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dalam 3 hari ke depan.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Ini Daftar Wilayahnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com