[POPULER SAINS] Kenapa Lambung Kapal Dicat Merah? | Cara Mengusir Semut | Kasus Kekerasan Johnny Depp dan Amber Heard | Gunung Anak Krakatau Erupsi Waspada Tsunami |

Kompas.com - 27/04/2022, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Tahukah Anda, ternyata hampir semua lambung kapal dicat berwarna merah? Informasi unik ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Selasa (26/4/2022).

Alasan kenapa lambung kapal dicat berwarna merah, ternyata ada penjelasan ilmiah.

Ada beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa car warna merah menjadi pilihan untuk diaplikasikan pada lambung kapal.

Informasi menarik lainnya yakni tentang bagaimana cara mengusir semut dari rumah.

Serangga ini memang seringkali mengganggu, karena kerap berkerumun di makanan, meja, dan beberapa tempat di sekitar rumah.

Kasus kekerasan yang melibatkan aktor Hollywoon, Johnny Depp dan Amber Heard masih terus menarik perhatian masyarakat dunia. Kekerasan Amber terhadap Depp, disebut karena adanya trauma masa kecil yang dialami keduanya.

BMKG mengeluarkan imbauan menyusul aktivitas Gunung Anak Krakatau yang statusnya meningkat menjadi level 3 Siaga.

Masyarakat diimbau waspada akan dampak erupsi Gunung Anak Krakatau yang dapat berpotensi menimbulkan tsunami di kawasan perairan Selat Sunda, di mana gunung api ini berada.

Berikut ini beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (26/4/2022) hingga Rabu (27/4/2022) pagi.

Kenapa lambung kapal dicat berwarna merah?

Terdapat dua alasan ilmiah, kenapa lambung kapal dicat warna merah. Di antaranya cat antikarat dan sebagai parameter beban kapal.

Bagian lambung kapal akan selalu terendam di dalam air. Oleh karenanya, untuk melindungi bagian tersebut dari karat, lambung kapal atau hull dilapisi dengan cat khusus berbahan tembaga dan biosida.

Lantas, kenapa cat tersebut berwarna merah?

Kandungan tembaga pada cat yang duaplikasikan membuat cat itu pun berwarna merah. Bahkan jenis cat ini telah digunakan sejak dahulu, yang mana saat kapal masih terbuat dari kayu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.