Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Akhir Pekan Ini, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Kompas.com - 16/07/2022, 09:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda yang akan beraktivitas di luar rumah selama akhir pekan ini harus mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Peringatan dini cuaca ekstrem mengimbau masyarakat agar waspada terhadap hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem akhir pekan ini melihat analisis sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi lainnya.

Sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) memanjang dari Papua hingga Papua Barat.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Sumatera Selatan, di Riau, dari Lampung hingga Bengkulu, dari Jawa Barat hingga perairan barat Banten, dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, di Jawa Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah bagian selatan.

Ini juga terjadi dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Kepulauan Sangihe Talaud, dan dari Maluku hingga Maluku Utara.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Jumat (15/7/2022).

Oleh karena itu, peringatan dini cuaca BMKG ini mengimbau jika Anda berada atau memang berdomisili di daerah berikut ini, harus mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 10-11 Juli, Ini Daftar Wilayah Waspada

Peringatan dini cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau ini berlaku dari Jumat-Minggu tanggal 15-17 Juli 2022 di wilayah berikut.

Potensi cuaca ekstrem: Sabtu, 16 Juli 2022

Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan.

Potensi cuaca ekstrem: Minggu, 17 Juli 2022

Lampung, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, Jawa barat, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Adapun untuk akhir pekan ini yang berpeluang terjadi angin kencang saja adalah wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Masyarakat yang berada di sekitar wilayah tersebut harus memperhatikan dan mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi atau bencana alam lanjutan yang bisa terjadi selanjutnya setelah cuaca ekstrem.

Dampak cuaca ekstrem ini dapat menyebabkan beberapa bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi, yakni banjir, banjir bandang, banjir rob, gelombang laut tinggi, puting beliung, pohon tumbang, tanah longsor, dan lain sebagainya.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 8-9 Juli 2022, Ini Daftar Wilayah yang Perlu Waspada

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com