Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Akhir Pekan Ini, Berikut Daftar Wilayahnya

Kompas.com - 11/03/2022, 15:32 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk akhir pekan ini.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan, peringatan dini cuaca ekstrem ini merupakan dampak dari beberapa pengaruh kondisi atmosfer.

Pusat Tekanan Rendah terpantau di Laut China Selatan utara Kalimantan, di Samudra Hindia selatan Jawa Timur, dan di Samudera Hindia barat Bengkulu yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) .

Konvergensi ini memanjang di Laut China Selatan, di Samudra Hindia selatan Bali-Jawa Tengah, dan di Samudra Hindia Barat Banten-Bengkulu.

Baca juga: BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dan Angin Kencang Akhir Bulan Februari 2022

Peringatan dini cuaca BMKG juga mengungkapkan bahwa daerah konvergensi tersebut juga terpantau memanjang di perairan barat Aceh, dari Sumatera Barat hingga Sumatera Selatan, dari perairan Kepulauan Seribu hingga Laut Jawa bagian timur, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Laut Seram hingga Laut Maluku bagian selatan, dan dari Papua hingga perairan Kepulauan Aru.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” kata Guswanto.

Cuaca ekstrem tersebut berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

Berikut daftar wilayah yang mendapat peringatan dini cuaca BMKG, yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang dan petir selama akhir pekan ini, 11-13 Maret 2022.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Apakah Pertanda Bencana Hidrometeorologi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com