Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Cuaca Terbaru BMKG, Daftar Wilayah Berpotensi Cuaca Ekstrem di Indonesia

Kompas.com - 11/02/2022, 17:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia untuk tiga hari ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menginformasikan, peringatan dini cuaca ekstrem tersebut dapat berupa hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, cuaca ekstrem tersebut merupakan akumulasi pengaruh sirkulasi siklonik, kecepatan angin dan konfluensi.

Sirkulasi siklonik terpantau di Kalimantan Barat bagian utara, di Perairan sebelah selatan Jawa, di Laut Maluku bagian utara dan di Laut Timor yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi).

Konvergensi ini memanjang di Pesisir selatan Jawa Barat, di Laut Natuna, dari Selat Makassar hingga Teluk Bone, dari Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Laut Banda, di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan di Laut Sulawesi serta peningkatan kecepatan angin (low level jet) di perairan sebelah selatan Jawa. 

Sementara itu, daerah konvergensi lainnya memanjang di Aceh, di Sumatera Barat, di Laut Natuna bagian utara, di Laut Flores, di Kalimantan Utara, dari Sulawesi Utara hingga Laut Seram, dan dari Papua Barat hingga Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Sumatera bagian selatan, Jawa bagian barat, dan di Laut Banda. 

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut," kata Guswanto dikutip Kompas.com, Jumat (11/2/2022).

Baca juga: Malam Tahun Baru 2022, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Wilayah Ini

Peringatan dini cuaca ekstrem ini juga menjadi hal yang penting diketahui masyarakat, agar segera melakukan antisipasi atau mitigasi potensi risiko bencana hidrometeorologi.

Di antaranya seperti angin kencang, banjir, banjir bandang, pohonn tumbang, jalanann licin, tanah longsor, jalanan berlubang, genangan, gelombang tinggi dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, akibat cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa pekan terkahir di musim hujan ini, sejumlah wilayah di tanah air mengalami banjir dan tanah longsor.

Peringatan BMKG dampak cuaca ekstrem

Banjir melanda wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Banjir terjadi akibat luapan air Kali Lamong. Sampai siang kemarin, Kamis (10/2/2022) dilaporkan bahwa banjir telah merendam delapan desa di kecamatan Benjeng dan Balongpanggang.

Ketinggian air pun dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat berkisar 40 cm hingga 1,2 meter.

Selain, di wilayah Kabupeten Gresik, banjir juga dilaporkan terjadi di kawasan wisata dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Cuaca ekstrem juga menyebabkan bencana hidrometeorologi berupa banjir dan tanah longsor di Dataran Tinggi Dieng.  

Baca juga: Hujan Es di Bogor dan Tasikmalaya, BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem hingga Besok

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com