Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Wilayah Berikut

Kompas.com - 18/07/2022, 10:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cuaca esktrem berupa hujan lebat yang dapat disertai angin kencang masih sering terjadi di sejumlah wilayah Indonesia pada musim kemarau ini.

Akhir-akhir ini, masyarakat di sejumlah daerah bahkan harus berjuang menghadapi bencana banjir akibat cuaca ekstrem yang terjadi, termasuk daerah Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

Sampai hari ini, Senin (18/7/2022), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga masih mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia untuk dua hari ke depan.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem 13-14 Juli 2022, Ini Daftar Wilayahnya

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyampaikan dalam keterangan tertulisnya, bahwa peringatan dini cuaca ekstrem ini merupakan pengaruh dari sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi yang ada.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Sumatra, di Kalimantan, dan Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah konvergensi di Samudra Hindia barat Banten, di Kalimantan bagian utara, dari Papua Nugini hingga Papua bagian tengah, dari Papua hingga Samudra Pasifik utara Papua, Samudra Pasifik utara Papua Barat-Papua, dan di Maluku.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Laut Andaman, di Aceh, dari Vietnam hingga Laut China Selatan, di Laut China Selatan, di Laut Jawa, di pesisir utara Jawa Timur - Jawa Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah, di Sulawesi bagian tengah, dan dari Laut Maluku hingga Laut Sulawesi.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” jelasnya.

Dengan adanya kondisi-kondisi tersebut, maka masyarakat Indonesia diminta untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir pada 18-19 Juli 2022.

Baca juga: Kenapa Masih Sering Hujan di Musim Kemarau? Ini Penjelasan BMKG

Berikut daftar wilayah waspada cuaca esktrem dua hari ini.

Senin, 18 Juli 2022

Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Jawa Barat.

Selasa, 19 Juli 2022

Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, Papua, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Barat.

Sementara untuk daerah yang berpotensi mengalami angin kencang dua hari ke depan adalah Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Bagi Anda yang akan beraktivitas atau memang berdomisili di wilayah yang disebutkan di atas, sebaiknya meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut, dan terhadap bencana hidrometeorologi yang bisa terjadi setelahnya.

Di antaranya seperti banjir, banjir bandang, jalanan tergenang dan licin, tanah longsor, pohon tumbang, puting beliung, gelombang tinggi dan lain sebagainya.

Baca juga: Hari Ini Jakarta Banjir, Peringatan Dini Hujan di Jabodetabek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com