Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menghilangkan Kantuk Tanpa Minum Kopi

Kompas.com - 02/08/2022, 18:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Bekerja seharian mungkin membuat Anda lelah dan mudah mengantuk. Sebagian orang mungkin mengandalkan kopi agar tidak mengantuk. Namun, mengonsumsi kopi lebih dari 3 cangkir sehari ternyata berbahaya.

Agar tidak terlalu bergantung pada kopi, Anda harus mencoba cara hilangkan kantuk tanpa minum kopi berikut ini.

1. Makan camilan

Memakan makanan ringan bisa membantu Anda menghilangkan kantuk. Namun, jangan sembarangan memilih camilan. Pilihlah camilan sehat yang rendah gula. Anda bisa memilih camilah yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang cepat, sementara protein dan lemak akan membuat Anda kenyang lebih lama. Contoh camilan sehat yang bisa jadi pilihan adalah yoghurt dengan granola, apel dengan selai kacang, atau salad.

2. Makan teratur

Makan teratur dengan porsi yang cukup akan membantu tubuh Anda memiliki gula darah yang stabil hingga waktu makan berikutnya. Kondisi gula darah yang stabil akan menghindarkan Anda dari rasa ingin tidur di tengah aktivitas.

3. Latihan

Latihan di sini maksudnya latihan fisik. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat seperti berlari. Namun, Anda bisa mencoba gerakan ringan, contohnya peregangan atau berjalan-jalan di sekitar meja kerja Anda. Melakukan olahraga ringan sekalipun membantu pelepasan hormon endorfin yang merupakan mood booster alami.

4. Minum air yang cukup

Menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah cara untuk menghindari kantuk, karena mengantuk atau merasa lelah merupakan salah satu tanda tubuh kekurangan cairan. Pastikan tubuh Anda mendapat cukup air sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Menghirup aromaterapi

Beberapa jenis aromaterapi terbukti mampu meningkatkan fokus, energi, dan membuat Anda merasa segar. Pilih aroma eukaliptus, lemon, atau peppermint.

Baca juga: Kenapa Kopi Bisa Menghilangkan Kantuk?

6. Berhenti menatap layar

Mengantuk bisa jadi tanda mata lelah menatap layar terus menerus. Coba atur waktu berkala untuk istirahat sejenak dari layar komputer atau ponsel, sebelum Anda melanjutkan kegiatan Anda.

7. Power nap

Power nap adalah tidur sejenak, namun tidak boleh lebih dari 15-20 menit. Durasi yang singkat tersebut sudah cukup memberikan Anda manfaat yang sama dengan fase awal tidur. Namun, jika lebih dari 20 menit, mungkin Anda akan memasuki fase tidur nyenyak yang justru menyebabkan Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali berkonsentrasi.

Itu dia beberapa cara untuk menghilangkan kantuk tanpa minum kopi. Cara mana yang efektif untuk Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com