Kompas.com - 21/05/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda penggemar kopi? Bagi penggemar kopi, hari tidak lengkap rasanya tanpa mengonsumsi secangkir kopi. Tanpa meminum kopi, Anda mungkin akan mengantuk ketika bekerja atau beraktivitas. Kenapa kopi bisa menghilangkan ngantuk?

Kopi menghilangkan kantuk

Kopi bisa menghilangkan kantuk untuk sementara karena kandungan kafein. Kafein adalah salah satu stimulan yang bisa membuatmu tetap terjaga. Kafein tidak hanya terkandung di dalam kopi, namun juga dalam teh dan cokelat. Namun, kopi mengandung kafein yang lebih tinggi dari minuman atau makanan lainnya.

Hanya 30 sampai 60 menit setelah mengonsumsi kopi, Anda sudah bisa merasakan efek kafein pada tubuh Anda. Efek ini bisa Anda rasakan selama 3 sampai 5 jam, tergantung bagaimana metabolisme tubuh Anda dalam mengeliminasi zat ini dari tubuh. Orang yang rutin meminum kopi mungkin memiliki toleransi yang tinggi terhadap kafein sehingga efek kafein menghilang lebih cepat.

Cara kerja kafein

Dilansir dari Washington State University, berikut adalah cara kerja kafein:

1. Tubuh memproduksi adenosin

Setiap hari, tubuh kita menghasilkan senyawa kimia bernama adenosin. Adenosin berfungsi untuk memperlambat fungsi otak dan menyebabkan kita merasa kantuk. Zat ini diperlukan tubuh untuk mengirim sinyal jika tubuh lelah dan butuh istirahat.

Adenosin ini akan menuju ke reseptor saraf. Impuls ini akan dikirim ke otak sebagai sinyal tubuh meminta istirahat.

2. Kafein sebagai antagonis

Kafein yang Anda konsumsi berfungsi sebagai antagonis pada reseptor adenosin. Molekul kafein sangat mirip dengan adenosin dan akan menempel pada reseptor tersebut. Dampaknya adalah adenosin tidak bisa menempel pada reseptor.

Adenosin yang tidak bisa menempel tidak bisa mengirimkan sinyal lelah dan mengantuk ke otak. Ini sebabnya meminum kopi bisa membuat kita tetap segar dan tidak merasa mengantuk.

Baca juga: Benarkah Minum Kopi Menyebabkan Dehidrasi?

Dampak buruk kopi

Kafein dalam kopi bisa membantu otak bekerja lebih optimal agar Anda lebih produktif. Sayangnya, Anda juga harus sadar bahwa kafein memiliki dampak buruk.

Kafein bisa mengganggu jam tidur Anda. Anda menjadi sulit tidur karena tidak mengantuk akibat efek kafein dalam tubuh Anda. Ini bisa membuat Anda merasa lelah di pagi harinya.

Sebuah studi menunjukkan mengonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur bisa mengurangi waktu tidur hingga satu jam di malam hari. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi kopi di sore dan malam hari. Ini akan membantu Anda tetap merasakan manfaat kopi, namun tetap tidur dengan cukup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.