Kompas.com - 21/05/2022, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Pernah melihat orang yang gemar menimbun barang di rumahnya? Bahkan terkadang kita bisa melihat foto atau video hingga viral di media sosial orang yang hidup dengan banyak sekali barang dan sampah di dalam rumahnya. Ternyata, kondisi itu adalah sebuah penyakit.

Hoarding disorder

Kebiasaan menumpuk barang hingga menimbulkan kekacauan di dalam rumah adalah penyakit yang disebut hoarding disorder. Hoarding disorder merupakan tantangan bagi orang yang terkena dan orang di sekitarnya karena orang yang terkena sama sekali tidak menganggap ini sebagai masalah.

Hoarding disorder sangat mengganggu karena timbunan barang-barang ini bisa membuat seseorang tidak bisa menggunakan barang atau ruangan lainnya yang ada di rumah tersebut. Kebiasaan buruk ini juga mengurangi kualitas hidup dan menimbulkan stres bagi orang yang tinggal bersamanya.

Penyebab

Dilansir dari National Health Services (NHS), penyebab seseorang terkena hoarding disorder tidak sepenuhnya dipahami. Namun, sebagian besar penderitanya memiliki gangguan kesehatan mental lainnya.

Beberapa gangguan mental yang berkaitan dengan hoarding disorder antara lain depresi berat, skizofrenia, obsessive compulsive disorder (OCD), dan abai terhadap diri sendiri.
Pemicunya bisa disebabkan karena hidup sendiri tanpa pasangan, memiliki riwayat masa kecil atau hubungan yang tidak baik, anggota keluarga lainnya menderita penyakit yang sama, dan tidak diajarkan untuk menyortir barang.

Gejala

Jika Anda mengalami gejala berikut ini, hati-hati bisa jadi Anda menderita hoarding disorder. Gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan banyak barang, bahkan tidak ada nilainya, seperti sampah dan dus bekas
  • Sulit untuk mengatur barang
  • Sulit membuat keputusan
  • Sangat terikat dengan benda-benda tersebut dan melarang siapapun memegang atau meminjam barangnya
  • Memiliki hubungan yang buruk dengan teman dan keluarga

Baca juga: Mengenal Waham, Gangguan Mental yang Menyebabkan Delusi

Hoarding disorder tidak sama dengan mengoleksi

Orang yang menderita hoarding disorder sering melakukan pembenaran dengan berkata bahwa mereka mengoleksi barang. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Orang yang mengoleksi barang akan mengumpulkan satu jenis barang dan meletakkannya dengan teratur. Mereka akan dengan mudah mencari barang yang mereka koleksi.

Sedangkan orang yang menderita hoarding disorder akan menumpuk semua barang secara teratur dan membutuhkan ruangan yang besar. Bahkan mereka tidak akan tahu benda spesifik tertentu terletak dimana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.