Kompas.com - 21/05/2022, 12:31 WIB


KOMPAS.com- Flu Singapura adalah salah satu penyakit yang sangat menular, dan menyerang anak-anak. Beberapa waktu lalu, flu Singapura ini menjadi ramai diperbincangkan masyarakat di berbagai platform media sosial, termasuk Twitter.

Beberapa warganet menceritakan bahwa ada anak-anak dan keponakan mereka yang didiagnosis mengidap penyakit flu Singapura ini.

Salah satunya diceritakan oleh akun @seribu2ribu pada Sabtu (14/5/2022).

Flu Singapur yah? Kemarin ponakan aku juga kena :( alhamdulillah udah sembuh cuman tangan sama kakinya jadi ada bekas totol2 gitu :(,” twit akun tersebut.

Tidak hanya akun @seribu2ribu saja, ada pula warganet yang menuliskan twit informasi kalau kondisi penyakit flu Singapura ini tidak hanya terjadi di Malaysia dan Singapura saja, melainkan ditemukan juga flu Singapura di Indonesia.

Di Indonesia juga, Bali lagi parah-parahnya flu singapur ini,” tulis akun @ikapermatasari, Minggu (15/5/2022).

Cuitan dari kedua akun di atas ini menimpali informasi yang disampaikan oleh akun Twitter @paultantk mengenai wabah HFMD atau flu Singapura anak.

Baca juga: Wabah Flu Spanyol, Wabah Terparah di Dunia Tapi Bukan dari Spanyol

HFMD adalah singkatan dari Hand, Foot and Mouth Disease. HFMD ini juga dikenal dengan sebutan flu Singapura yang umumnya menyerang anak-anak.

There is a HFMD outbreak in malaysia now. my two oldest kids kena HFMD before a long time ago. a time before covid. luckily it went away on its own and no complications,” tulis @paultank, Senin (15/5/2022).

Apa itu flu Singapura?

Dalam dunia medis, flu Singapura dikenal dengan Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit tangan kaki mulut.

HFMD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus.

Spesies enterovirus yang paling sering menyebabkan HFMD adalah Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71 (HEV 71).

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), flu Singapura sudah ada sejak 1957 dan flu Singapura pada anak pertama kali muncul di Toronto, Kanada.

Baca juga: Flu Misterius Melanda Dunia 130 Tahun Lalu, Ahli: Mungkin karena Virus Corona

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.