Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Perseverance Mars NASA Bidik Puing Pendaratannya | Puncak Hujan Meteor Perseid | Video Viral Anak SD Rambutnya Dipotong Guru

Kompas.com - 11/08/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Foto Perseverance NASA yang membidik puing-puing di lokasi pendaratannya di planet Mars menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Rabu (10/8/2022).

Perseverance NASA, pertama kali mendarat di permukaan Mars pada 18 Februari 2021 lalu. Bidikan puing-puing pendaratan rover Perseverance ternyata cukup banyak.

Tim sudah mencatat ada sekitar selusinan puing-puing yang berhasil dipotret oleh robot penjelajah Mars, Perseverance NASA.

Fenomena langit yakni puncak hujan meteor Perseid akan terjadi pada 13 Agustus 2022.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, hujan meteor perseid dapat diamati dari seluruh wilayah Indonesia.

Video viral beredar yang menunjukkan seorang anak SD dengan potongan rambut berantakan akibat dipotong guru ramai di media sosial.

Hal ini pun mengundang berbagai reaksi di antara warganet dan masyarakat. Psikolog pun menyayangkan hal itu dan menekankan pentingnya komunikasi antara sekolah dengan orangtua terkait tindakan yang akan diambil terhadap murid.

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 10 Agustus 2022. Pasalnya, hal ini terkait oleh dampak bibit siklon tropis 97W yang dapat memengaruhi kondisi cuaca di Indonesia.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Rabu (10/8/2022) hingga Kamis (11/8/2022) pagi.

Perseverance Mars NASA bidik puing pendaratannya

Penjelahan Mars milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Mars rover Perseverance, membidik puing-puing di lokasi pendaratannya di Planet Mars pada 18 Februari 2021 lalu.

Selama pendaratan ke Mars, sejumlah elemen perangkat keras memperlambat kecepatan pesawat ruang angkasa dari 20.000 kph, saat pertama kali memasuki atmosfer Mars, menjadi nol mil per jam ketika ditempatkan dengan lembut di permukaannya.

Dilansir dari Space, Selasa (9/8/2022) semua proses dari masuk atmosfer hingga pendaratan Perseverance NASA di permukaan Mars, terjadi hanya dalam waktu sangat singkat, selama tujuh menit.

Setelah pekerjaan selesai, perangkat keras seperti parasut, pelindung panas, dan lainnya dilepas dari penjelajah Mars NASA Perseverance, menabrak Planet Mars agak jauh agar tidak merusaknya.

Selama satu setengah tahun terakhir, tim Perseverance telah melihat dan membuat katalog terkait puing-puing yang diduga EDL. Bidikan puing-puing pendaratan rover Perseverance ternyata cukup banyak.

Tim sudah mencatat ada sekitar selusinan puing-puing yang berhasil dipotret oleh robot penjelajah Mars, Perseverance NASA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com