Vaksin Khusus Omicron untuk Booster Diklaim Meningkatkan Perlindungan, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 04/07/2022, 09:02 WIB


KOMPAS.com - Badan Obat Eropa (EMA) mengatakan bahwa vaksin virus corona yang khusus dimodifikasi untuk melawan jenis varian Omicron disebut dapat meningkatkan perlindungan, ketika vaksin tersebut dijadikan sebagai booster.

Penjelasan tentang vaksin booster khusus Omicron itu disampaikan EMA pada Jumat (1/7/2022), seperti dikutip dari Reuters (4/7/2022).

EMA mengatakan bahwa regulator global telah menyetujui prinsip-prinsip utama untuk memperbarui sasaran Covid-19 dalam menanggapi varian virus corona yang bermunculan saat ini.

Kendati demikian, para ahli di EMA masih meyakini bahwa vaksin Covid-19 yang ada saat ini, sudah dapat memberikan perlindungan yang baik, bahkan dapat mencegah keparahan, rawat inap dan kematian.

Namun, tak dapat dipungkiri bahwa saat ini efektivitas vaksin berbagai platform yang telah dikembangkan menghadapi pukulan besar saat virus berevolusi.

Baca juga: Omicron Tingkatkan Kasus Covid-19 di Indonesia, Perlukah Vaksin Booster Kedua?

Dengan adanya vaksin booster khusus Omicron atau disebutnya sebagai bivalen Omicron, yang berarti vaksin yang mencakup strain baru dan strain virus corona asli, menurut EMA, akan dapat meningkatkan dan memperluas perlindungan terhadap infeksi virus tersebut.

Pernyataan tentang vaksin khusus Omicron yang disampaikan EMA tersebut, merujuk secara khusus pada vaksin mRNA, baik yang dikembangkan oleh Pfizer maupun Moderna.

Dua perusahaan pengembang ini telah menguji versi retooled dari vaksin mRNA Covid-19 mereka dengan memasukkan varian Omicron.

Sementara itu, vaksin Covid-19 lain yang sedang dikembangkan yang mencakup varian lain, misalnya varian Beta, kemungkinan juga dipertimbangkan untuk digunakan sebagai vaksin booster khusus.

Baca juga: 2 Kandidat Vaksin Pfizer-BioNTech Diklaim Tingkatkan Respons Kekebalan terhadap Varian Omicron

Halaman:
 
Pilihan Untukmu
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber Reuters
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.