Kompas.com - 03/07/2022, 20:03 WIB

KOMPAS.com - Gurita merupakan mahluk yang memiliki kecerdasan luar biasa. Tetapi bagaimana mereka bisa memiliki tingkat kecerdasan tersebut masih terus menjadi bahan penelitian banyak ahli.

Dan kini para ilmuwan telah menemukan petunjuk yang dapat menjelaskan kecerdasan cephalopoda itu.

Dalam sebuah studi baru, peneliti mengungkapkan bahwa gurita mempunyai gen dengan kekhasan genetik yang juga terlihat pada manusia.

Dikutip dari Live Science, Minggu (3/7/2022) petunjuk yang ditemukan para ilmuwan itu disebut 'gen pelompat' (jumping gen) atau transposon yang membentuk 45 persen genom manusia.

Gen pelompat adalah urutan pendek DNA dengan kemampuan untuk menyalin dan menempel atau memotong dan menempelkan diri ke lokasi lain dalam gen.

Baca juga: Gurita Hancurkan Dirinya Sendiri Setelah Kawin, Mengapa Begitu?

Gen pelompat ini juga telah dikaitkan dengan evolusi genom dalam beberapa spesies. Dan pengurutan genetik baru-baru ini mengungkapkan, bahwa dua spesies gurita Octopus vulgaris dan Octopus bimaculoides ternyata memiliki genom transposon.

Pada manusia dan gurita, sebagian besar transposon tak aktif. Itu lantaran mutasi atau diblokir dari replikasi oleh pertahanan sel.

Tapi satu jenis transposon pada manusia yang dikenal sebagai Long Interspersed Nuclear Elements (LINE) mungkin masih aktif.

Bukti dari penelitian sebelumnya menunjukan, gen pelompat LINE diatur secara ketat oleh otak tetapi masih penting untuk pembelajaran dan untuk pembentukan memori di hippocampus.

Lalu saat para ilmuwan melihat lebih dekat gen melompat pada gurita yang dapat dengan bebas menyalin dan menempel di sekitar genom, mereka ternyata menemukan transposon dari keluarga LINE.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.