Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hewan yang Memakan Anaknya Sendiri, Salah Satunya Singa

Kompas.com - 03/07/2022, 20:31 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Kanibalisme bukan hanya fenomena yang ditemukan di kalangan manusia. Beberapa spesies hewan juga dikenal sebagai kanibal karena memangsa hewan dari spesies yang sama.

Bahkan, ada pula hewan yang membunuh dan memakan anaknya. Kasus demikian dapat ditemukan pada mamalia, burung, hingga laba-laba.

Kondisi yang menjadi penyebab perilaku ini dapat bervariasi dan seringkali dipengaruhi oleh faktor lingkungannya.

Hewan yang memakan anaknya sendiri

Dikutip dari A-Z Animals, berikut adalah 5 hewan yang diketahui memakan anaknya sendiri:

1. Beruang kutub

Seorang fotografer National Geographic terkejut saat menyaksikan beruang kutub dewasa yang membunuh dan memakan anaknya.

Baca juga: Udang dan Cacing Jadi Hewan Pertama yang Pulih Usai Kepunahan Massal 252 Juta Tahun Lalu

Perilaku ini diduga disebabkan oleh perubahan iklim yang diketahui telah menghancurkan lingkungan Arktik dan mendorong beruang kutub serta hewan-hewan lain untuk bertahan hidup dengan cara apa pun.

Beruang kutubuh cenderung memakan anak-anak mereka di musim semi dan musim panas karena saat itu populasi anjing laut menjadi berkurang.

2. Ayam

Dalam banyak kasus, telur dari ayam peliharaan kerap pecah karena kandang yang penuh. Kemudian, ayam dewasa secara tidak sengaja memakan telur tersebut.

Hal ini dapat menyebabkan ayam terbiasa dengan rasa telur. Tetapi, sebagian besar ayam memakan anaknya ketika mereka mengalami kekurangan kalsium.

3. Singa

Seekor singa pejantan akan mengsuir anaknya dari kawanannya pada usia tertentu sehingga mereka tidak menjadi pesaing.

Baca juga: Fakta Teritip Hewan Laut yang Andalkan Penis Sangat Panjang untuk Kawin

Namun, dalam beberapa kasus, singa dewasa memilih untuk membunuh dan memakan anaknya untuk menghilangkan persaingan.

4. Simpanse

Simpanse disebut sebagai salah satu hewan paling pintar, namun primata ini juga memiliki kebiasaan memangsa simpanse yang lebih muda.

Perilaku ini didorong oleh persaingan ketat untuk menguasai makanan. Simpanse dewasa akan membunuh anak-anak dari kelompok pesaing.

Selain itu, pejantan juga diketahui mengambil bayi dari ibu mereka untuk dibunuh dan dimakan. Para ilmuwan menduga bahwa ini dilakukan agar mereka dapat meningkatkan peluang berkembang biak.

5. Ikan blenny

Ikan blenny jantan terkadang memakan telurnya sendiri saat ia bertugas melindungi telur-telur tersebut hingga menetas.

Kadar androgen ikan blenny secara langsung terkaitt dengan apakan ikan itu dibuahi atau tidak. Ikan blenny tidak bisa menyesuaikan kadar androgennya selama menjaga telur sehingga ia akan buru-buru melahap telurnya dan berkembang biak dengan betina yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com