Kompas.com - 03/07/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Air Susu Ibu (ASI) menjadi asupan utama bagi bayi baru lahir, dan dianjurkan tetap diberikan secara eksklusif hingga anak berusia enam bulan.

Permasalahan yang sering dihadapi oleh ibu menyusui selain pelekatan, yakni kurang lancarnya produksi ASI. Kondisi ini berdampak terhadap ketidakpuasan bayi yang membuatnya masih merasa lapar dan menangis.

Terkait hal ini, makanan bernutrisi tinggi terutama yang mengandung kalsium penting untuk membuat ASI keluar lebih lancar.

Kementarian Kesehatan (Kemenkes) merekomendasikan ibu menyusui untuk banyak-banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk membantu tubuh menyerap zat besi.

Baca juga: Cuti Melahirkan Jadi 6 Bulan, Ahli Gizi: Baik untuk Keberhasilan Pemberian ASI Eksklusif

Selain itu, vitamin D pun sangat penting untuk membantu penyerapan kalsium yang mempunyai fungsi penting untuk memproduksi ASI dengan lancar.

Kekurangan kalsium saat masa menyusui berisiko lebih besar untuk mengalami pengeroposan tulang karena tubuh mengambil kalsium dari tulang dan gigi untuk membuat ASI.

Lantas, apa saja makanan yang bisa dikonsumsi untuk memperlancar produksi ASI?

1. Susu rendah lemak

Susu adalah sumber kalsium yang cukup tinggi kandungannya dan juga lebih mudah untuk dicerna karena berbentuk cairan.

Produk susu dalam bentuk yoghurt dan juga keju juga bisa jadi pilihan agar Ibu tidak bosan.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.