Kompas.com - 03/07/2022, 16:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Venus adalah planet kedua yang paling dekat dari Matahari, planet terpanas, dan planet paling terang di tata surya.

Venus kerap disebut sebagai kembaran Bumi karena dua planet ini memiliki ukuran, massa, kepadatan, komposisi, dan gaya gravitasi yang mirip.

Salah satu perbedaan signifikan antara Venus dengan Bumi adalah Venus memiliki atmosfer “neraka”, yang sebagian besar terdiri dari karbon dioksida dengan awan asam sulfat dan hanya sedikit air.

Atmosfer yang sangat padat ini dapat memerangkap panas sehingga Venus menjadi planet terpanas di tata surya dengan suhu mencapai 471 derajat Celcius.

Selain itu, perbedaan lain antara Venus dengan Bumi adalah Matahari di Venus terbit dari Barat, sedangkan di Bumi, Matahari terbit dari timur.

Baca juga: Planet Terpanas di Tata Surya

Lantas, apa yang menyebabkan perbedaan arah Matahari terbit di Venus dan di Bumi?

Matahari terbit dari Barat di Venus

Venus membutuhkan 243 hari Bumi untuk berotasi pada porosnya. Ini membuat Venus menjadi planet dengan durasi rotasi paling lambat.

Karena putaran yang lambat, inti logam Venus tidak dapat menghasilkan medan magnet seperti di Bumi. Adapun medan magnet Venus adalah 0,000015 kali medan magnet Bumi.

Selain itu, dilansir dari Space, jika dilihat dari atas, Venus berotasi pada porosnya dengan arah yang berlawanan dengan kebanyakan planet.

Dengan demikian, Matahari di Venus akan tampak terbit dari barat dan terbenam di timur. Sementara itu, Bumi yang memiliki arah rotasi berlawanan mengalami Matahari yang terbit dari timur dan terbenam di barat.

Baca juga: Apa Planet Terdingin di Tata Surya?

Karena rotasi retorgrade Venus yang unik, waktu dari satu Matahari terbit ke Matahari terbit berikutnya adalah sekitar 117 hari Bumi.

Sebenarnya, Venus bukan satu-satunya planet di tata surya yang memiliki rotasi yang unik. Uranus adalah planet lain yang berotasi dengan arah yang sama seperti Venus. Dengan demikian, di Uranus, Matahari juga tampak terbit dari barat dan terbenam di timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.