2 Planet Bumi Super Ditemukan Astronom Mengorbit Bintangnya, Berpotensi Layak Huni?

Kompas.com - 18/06/2022, 20:15 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com-Astronom menemukan dua planet super earth atau Bumi Super baru yang mengorbit sebuah bintang.

Dua exoplanet yang baru ditemukan itu merupakan planet super earth yang ukurannya lebih besar dari Bumi.

Menurut astronom dua Bumi Super itu mengorbit bintang katai merah yang disebut HD 260655 yang hanya berjarak 33 tahun cahaya.

Dua planet ini kemudian disebut dengan HD 260655 b dan HD 260655 c. Mereka ditemukan karena melintas dekat Bumi dan bintangnya selama orbitnya.

Seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (17/6/2022) penurunan cahaya bintang yang rendup karena transit exoplanet ini kemudian dicatat oleh teleskop pemburu exoplanet TESS, milik NASA.

Ketika Kunimoto melihat data tersebut, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah memverifikasi apakah bintang muncul dalam survei sebelumnya. Ternyata beberapa teleskop lainnya juga merekam bintang itu.