Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumber Wabah Black Death Terungkap, Penyakit Mematikan di Abad Pertengahan

Kompas.com - 18/06/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNN


KOMPAS.com- Peneliti berhasil mengungkap detail tentang asal-usul sumber Black Death, wabah paling dahsyat di dunia yang diperkirakan telah membunuh setengah dari populasi Eropa dalam waktu tujuh tahun selama Abad Pertengahan.

Sumber wabah Black Death yang telah diperdebatkan oleh sejarawan selama berabad-abad ini akhirnya bisa diketahui melalui batu nisan serta materi genetik dari jasad yang ditemukan dua situs pemakaman di Kirgistan, Asia Tengah.

Para peneliti pertama kali menggali situs pemakaman pada tahun 1880-an.

Prasasti batu nisan, yang ditulis dalam bahasa Syria itu kemudian diperiksa ulang pada tahun 2017 oleh sejarawan Phil Slavin, seorang profesor di Universitas Stirling di Skotlandia.

Dia memperhatikan bahwa dari 467 pemakaman yang diberi tanggal dengan tepat, 118 di antaranya berasal dari hanya dua tahun yaitu 1338 dan 1339.

Baca juga: Sejarah Wabah Cacar Monyet, Pertama Ditemukan Tahun 1958

"Ketika ada satu atau dua tahun dengan kematian berlebih, itu berarti ada sesuatu yang terjadi. Tetapi hal lain yang benar-benar menarik perhatian saya adalah tahun itu tak terjadi peristiwa apapun karena masih tujuh atau delapan tahun sebelum akhirnya wabah (Black Dead) benar-benar ada di Eropa," kata Slavin seperti dikutip dari CNN, Jumat (17/6/2022).

Tapi tak berhenti sampai situ. Ia bersama timnya lantas mencoba mengesktrak DNA dari 30 kerangka individu yang ditemukan di pemakaman tersebut untuk memahami apa penyebab kematian mereka.

Hasil dari pengurutan DNA peneliti menemukan keberadaan DNA bakteri wabah yaitu Yersinia pestis, bakteri perusak penyebab Black Death.

Hasil tersebut menegaskan bahwa penyebab kematian individu karena wabah.

Hal ini pula yang akhirnya membuat peneliti mempercayai bahwa daerah di sekitar pemakaman Kirgistan menjadi asal atau sumber dari strain virus alias galur wabah yang menyebabkan wabah Black Death.

Baca juga: Wabah Flu Spanyol, Wabah Terparah di Dunia Tapi Bukan dari Spanyol

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com