Teleskop James Webb Akan Pelajari Dua 'Bumi Super', Bagaimana Rencana Studinya?

Kompas.com - 02/06/2022, 07:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Space

KOMPAS.com - Teleskop Luar Angkasa James Webb berencana menjelajahi dunia berbatu yang aneh, dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya. Target studi teleskop ini adalah dua 'Bumi Super', exoplanet mirip Bumi.

Konsorsium ilmiah teleskop memiliki agenda mempelajari geologi di planet-planet kecil tersebut, dengan jarak dari 50 tahun cahaya.

Menurut para ilmuwan, seperti dikutip dari Space, Kamis (2/6/2022) pekerjaan baru ini akan menjadi sesuatu yang besar bagi observatorium, yang akan keluar dari commissioning dalam beberapa minggu ke depan.

Planet berbatu lebih sulit dilihat dibandingkan gas raksasa dalam teknologi teleskop saat ini. Hal tersebut dikarenakan kecerahan relatif planet yang lebih kecil di sebelah bintang dan ukurannya yang relatif kecil.

Namun, cermin kuat teleskop James Webb dan lokasi luar angkasa seharusnya memungkinkannya untuk memeriksa dua planet yang sedikit lebih besar dari Bumi, yang dikenal sebagai "Bumi Super."

Seperti diketahui, tak satu pun dari dunia ini yang dapat dihuni, tapi pembuktiannya masih bisa dilakukan dengan penyelidikan untuk studi mendalam di masa depan.