Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teleskop James Webb Akan Pelajari Dua 'Bumi Super', Bagaimana Rencana Studinya?

Kompas.com - 02/06/2022, 07:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com - Teleskop Luar Angkasa James Webb berencana menjelajahi dunia berbatu yang aneh, dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya. Target studi teleskop ini adalah dua 'Bumi Super', exoplanet mirip Bumi.

Konsorsium ilmiah teleskop memiliki agenda mempelajari geologi di planet-planet kecil tersebut, dengan jarak dari 50 tahun cahaya.

Menurut para ilmuwan, seperti dikutip dari Space, Kamis (2/6/2022) pekerjaan baru ini akan menjadi sesuatu yang besar bagi observatorium, yang akan keluar dari commissioning dalam beberapa minggu ke depan.

Planet berbatu lebih sulit dilihat dibandingkan gas raksasa dalam teknologi teleskop saat ini. Hal tersebut dikarenakan kecerahan relatif planet yang lebih kecil di sebelah bintang dan ukurannya yang relatif kecil.

Namun, cermin kuat teleskop James Webb dan lokasi luar angkasa seharusnya memungkinkannya untuk memeriksa dua planet yang sedikit lebih besar dari Bumi, yang dikenal sebagai "Bumi Super."

Seperti diketahui, tak satu pun dari dunia ini yang dapat dihuni, tapi pembuktiannya masih bisa dilakukan dengan penyelidikan untuk studi mendalam di masa depan.

Baca juga: Bagaimana Teleskop Luar Angkasa James Webb Bantu Lacak Kehidupan Alien?

Dua planet mirip Bumi di luar Tata Surya yang disorot dalam penelitian yang akan dilakukan Teleskop Luar Angkasa James Webb ini termasuk 55 Cancri e yang sangat panas dan tertutup lava serta LHS 3844 b yang tidak memiliki atmosfer substansial.

Sebagai informasi, 55 Cancri e mengorbit bintang induknya pada jarak 1,5 juta mil (2,4 juta km), sekitar empat persen dari jarak relatif antara Merkurius dan matahari.

Exoplanet ini hanya mengelilingi bintangnya sekali setiap 18 jam, dengan suhu permukaan tanur tinggi di atas titik leleh pada sebagian besar jenis batuan.

Para ilmuwan juga berasumsi bahwa planet ini terkunci secara pasang surut ke bintang, yang berarti satu sisinya menghadap matahari yang terik, meskipun pengamatan dari Teleskop Luar Angkasa Spitzer NASA menunjukkan zona terpanas mungkin sedikit diimbangi.

Peneliti menambahkan, panas yang diimbangi mungkin dikarenakan atmosfer tebal yang dapat memindahkan panas di sekitar planet 'Bumi Super' yang akan diamati teleskop James Webb ini, atau karena hujan lahar di malam hari dalam proses yang menghilangkan panas dari atmosfer.

Baca juga: Kali Pertama, Teleskop Luar Angkasa James Webb Lacak Asteroid

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com