Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Teleskop Luar Angkasa James Webb Bantu Lacak Kehidupan Alien?

Kompas.com - 25/03/2022, 10:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Para astronom telah lama mempertanyakan apakah ada planet lain yang mirip Bumi dan juga memiliki kehidupan di alam semesta yang luas ini?

Hingga kini, pencarian tersebut belum membuahkan hasil. Namun peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb, Desember tahun lalu membawa angin segar untuk selangkah lebih dekat ke jawabannya.

"Bayangkan jika kita dapat menetapkan bahwa ada beberapa dunia berbatu dengan uap air dan lautan cair. Itu adalah langkah maju yang sangat besar," ungkap Sara Seager, profesor fisika dan ilmu planet di MIT.

Seperti dikutip dari Gizmodo, Kamis (24/3/2022) James Webb akan mempelajari segala sesuatu mulai dari galaksi hingga bintang.

Baca juga: Pertama Kalinya, Teleskop James Webb Berhasil Membidik Obyek Kosmos

Namun selain itu, astronom tak sabar pula untuk menggunakannya untuk mempelajari planet-planet di luar Tata Surya kita.

Teleskop akan mengungkap detail atmosfer planet ekstrasurya ini, mengidentifikasi elemen dan gas apa yang ada.

Dibandingkan dengan teleskop sebelumnya, ilmuwan memang berharap Webb menawarkan hal yang baru.

"Ini akan menjadi sebuah terobosan besar," kata Nestor Espinoza, astronom di Space Telescope Science Institute yang mengoperasikan Webb dan Hubble.

"Untuk mendeteksi atmosfer di sekitar planet seukuran Bumi, ini akan menjadi mesin revolusioner dan menjadi langkah besar dalam eksplorasi kami tentang seperti apa bentuk planet ekstrasurya lainnya," papar Espinoza.

Astronom tak menemukan eksoplanet pertama sampai tiga dekade lalu, tepatnya tahun 1992. Tapi kini, kabar terbaru Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengkonfimasi keberadaan 5000 eksoplanet.

Banyak dari planet yang ditemukan memiliki komposisi berbatu seperti planet di Tata Surya kita. Namun mengamati atmosfer planet berbatu tetap sulit dipahami oleh para lmuwan untuk menentukan informasi penting tentang permukaan planet-planet itu.

Di sinilah Webb akan bertugas untuk menyimpulkan komposisi atmosfer planet ekstrasurya. Teleskop akan menggunakan teknik yang disebut spektoskopi transmisi.

Baca juga: Bisakah Teleskop Luar Angkasa James Webb Deteksi Kehidupan Alien?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com