Kompas.com - 27/05/2022, 11:02 WIB

KOMPAS.com- Untuk pertama kalinya, Teleskop Luar Angkasa James Webb berhasil melacak dan mengamati asteroid yang bergerak menjelang akhir periode uji cobanya.

Keberhasilan Teleskop Luar Angkasa James Webb lacak asteroid ini menunjukkan bahwa teleskop tersebut memiliki kemampuan dapat mengawasi objek tata surya.

Bahkan, teleskop luar angkasa ini dapat mengawasi dan mengamatk galaksi yang jauh, bintang, serta objek jauh lainnya yang diperkirakan akan diamati dalam jangka waktu 20 tahun.

"Saat kami selesai dengan periode uji coba, kami akan menguji objek lain yang bergerak pada berbagai kecepatan untuk memverifikasi bahwa kami dapat mempelajari objek yang bergerak di seluruh Tata Surya dengan James Webb," tulis NASA.

Baca juga: Pertama Kalinya, Teleskop James Webb Berhasil Membidik Obyek Kosmos

Kemampuan teleskop James Webb untuk melihat target terdekat akan memungkinkannya dalam mengamati segala sesuatu mulai dari objek es di Sabuk Kuiper, hingga satelit luar angkasa yang berpotensi layak huni.

Seperti dikutip dari Space, Rabu (25/5/2022) asteroid yang dipilih untuk latihan pengamatan adalah 6841 Tenzing, asteroid sabuk utama yang dinamai Tenzing Norgay.

"Bryan Holler, di Space Telescope Science Institute, memiliki pilihan sekitar 40 kemungkinan asteroid yang bisa digunakan untuk menguji pelacakan target bergerak. Tetapi tim ingin memilih asteroid dengan nama yang dikaitkan dengan kesuksesan," ungkap Heide Hammel, ilmuwan interdisipliner James Webb untuk pengamatan Tata Surya.

NASA sendiri berpendapat teleskop James Webb menghadapi tantangan tambahan dengan melakukan pelacakan target yang bergerak.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa James Webb Mengorbit 1,5 Juta Km dari Bumi, Apa Alasannya?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.