Populasi Beruang Kutub Tersembunyi di Lokasi yang Mustahil Ditinggali, Studi Jelaskan

Kompas.com - 18/06/2022, 12:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan adanya populasi beruang kutub Greenland di lereng curam sekitar fjord, teluk kecil di pesisir pantai panjang dan sempit yang menjadi tempat bertemunya gletser dengan lautan.

Fjord merupakan rumah bagi beruang kutub tenggara yang terletak di tepi selatan Lingkaran Arktik, wilayah ini bebas es laut selama lebih dari 250 tahun.

Tempat ini tampaknya mustahil untuk ditinggali oleh populasi beruang kutub, dikarenakan hampir tidak memiliki platform es laut yang mengambang.

Disebutkan bahwa beruang kutub ini berburu di atas lapisan es glasial yang pecah di teluk tersebut.

Penemuan ini menunjukkan kemungkinan beruang kutub dapat beradaptasi dengan es laut yang menghilang akibat perubahan iklim semakin memburuk. Tapi, ini tidak bisa diartikan untuk seluruh spesies.

“Es gletser dapat membantu sejumlah kecil beruang kutub beratahan hidup lebih lama di bawah pemanasan iklim, tapi itu tidak tersedia untuk sebagian besar beruang kutub,” ujar pemimpin peneliti Kristin Laidre, ilmuwan satwa liar di Pusat Sains Kutub di Universitas Washington seperti dikutip dari Live Science, Jumat (17/6/2022).