Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Beruang Kutub Tersembunyi di Lokasi yang Mustahil Ditinggali, Studi Jelaskan

Kompas.com - 18/06/2022, 12:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan adanya populasi beruang kutub Greenland di lereng curam sekitar fjord, teluk kecil di pesisir pantai panjang dan sempit yang menjadi tempat bertemunya gletser dengan lautan.

Fjord merupakan rumah bagi beruang kutub tenggara yang terletak di tepi selatan Lingkaran Arktik, wilayah ini bebas es laut selama lebih dari 250 tahun.

Tempat ini tampaknya mustahil untuk ditinggali oleh populasi beruang kutub, dikarenakan hampir tidak memiliki platform es laut yang mengambang.

Disebutkan bahwa beruang kutub ini berburu di atas lapisan es glasial yang pecah di teluk tersebut.

Penemuan ini menunjukkan kemungkinan beruang kutub dapat beradaptasi dengan es laut yang menghilang akibat perubahan iklim semakin memburuk. Tapi, ini tidak bisa diartikan untuk seluruh spesies.

“Es gletser dapat membantu sejumlah kecil beruang kutub beratahan hidup lebih lama di bawah pemanasan iklim, tapi itu tidak tersedia untuk sebagian besar beruang kutub,” ujar pemimpin peneliti Kristin Laidre, ilmuwan satwa liar di Pusat Sains Kutub di Universitas Washington seperti dikutip dari Live Science, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Mengapa Tak Ada Beruang Kutub di Antartika?

Terbaru, para ilmuwan telah mengidentifikasi 19 sub populasi beruang kutub Ursus maritimus yang hidup di Lingkaran Arktik.

Salah satu dari populasi beruang ini membentang sepanjang 3.200 kilometer di pantai timur Greenland.

Tapi, saat para peneliti melihat secara mendetail kelompok ini untuk memantau jumlahnya, disadari bahwa beruang sebenarnya terdiri dari dua populasi yang benar-benar terpisah.

Para peneliti menganalisis data pelacakan selama 36 tahun dari beruang yang ditandai dengan kalung GPS, dan ditemukan beruang dari Greenland tenggara tidak melewati garis lintang 64 derajat utara dan beruang dari timur laut tidak melewati garis yang sama ke arah lain.

Pengambilan sampel genetik dari beruang individu menegaskan beruang tenggara berbeda dari tetangga timur lautnya.

“Kami menyajikan bukti pertama untuk kelompok beruang kutub yang berbeda secara genetik dan terisolasi secara fungsional di Greenland tenggara, yang memenuhi kriteria untuk diakui sebagai subpopulasi beruang kutub ke-20 di dunia,” tulis pada peneliti dalam studi yang diterbitkan di Jurnal Science pada 16 Juni lalu.

Dalam studi baru, para peneliti menggunakan data genetik untuk mengidentifikasi dua individu beruang kutub yang bisa menjadi imigran dari populasi timur laut.

Baca juga: Kabar Baik, Ilmuwan Temukan Populasi Beruang Kutub Baru yang Sehat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com