Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Planet Superior dan Planet Inferior, Apa Saja?

Kompas.com - 19/06/2022, 06:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

yang termasuk planet superior adalah -

KOMPAS.com - Jika mendengar planet superior dan inferior, yang biasanya terbayang adalah planet yang lebih besar atau lebih kecil. Padahal, bukan itu maknanya. Planet superior dan inferior adalah pembagian kelompok planet berdasarkan posisi planet terhadap Bumi.

Planet inferior

Planet inferior adalah planet yang berada lebih dalam dari Bumi dan lebih dekat ke Matahari. Hanya ada dua planet inferior, yaitu Merkurius dan Venus. Venus juga merupakan planet yang paling dekat dengan Bumi, yaitu dengan jarak paling dekat yaitu 61 juta kilometer. Sedangkan jarak Venus pada posisi terjauh dengan Bumi hampir 200 juta kilometer.

Hal yang unik dari planet inferior adalah planet yang paling panas di tata surya bukanlah planet yang paling dekat dengan Matahari. Planet Merkurius paling dekat dengan Matahari, namun planet terpanas di tata surya adalah Venus. Hal ini disebabkan karena Venus memiliki atmosfer yang sangat padat dibandingkan dengan Merkurius sehingga atmosfernya menahan sangat banyak panas.

Baca juga: Keistimewaan Planet-planet di Tata Surya

Planet superior

Sesuai dengan penjelasan di atas, planet superior adalah planet yang berada lebih luar orbitnya dari Bumi. Yang termasuk planet superior adalah Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Mars adalah satu-satunya planet berbatu yang berada di luar orbit Bumi. Sedangkan sisa empat planet lainnya adalah planet yang sebagian besar penyusunnya adalah gas.

Mars, salah satu planet superior, diyakini merupakan planet yang mirip dengan Bumi dan bisa menjadi tempat tinggal manusia. Ahli astronomi meyakini bahwa terdapat air di permukaan Mars karena terdapat area yang tererosi.

Sayangnya, hasil penelitian menunjukkan sebaliknya. Mars memiliki atmosfer yang tipis sehingga membuat semua air mengalami evaporasi. Permukaan planet ini menjadi kering dan tidak bisa dijadikan tempat tinggal.

Keunikan laiinya dari planet superior adalah semua planet gas memiliki cincin. Namun, dari keempat planet gas tersebut, cincin planet yang paling nyata adalah Saturnus.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com