Dulu Ada Dinosaurus, Mengapa Bumi Tidak Lagi Punya Hewan Raksasa?

Kompas.com - 08/06/2022, 10:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Dahulu, raksasa prasejarah pernah mendiami Bumi. Sebut saja hewan-hewan raksasa seperti dinosaurus, pterosaurus seukuran pesawat, buaya dan ular besar, bahkan armadillo seukuran mobil.

Namun, saat ini hanya ada beberapa hewan besar di bumi, dengan raksasa prasejarah hanya bisa dinikmati melalui sisa-sisa fosilnya.

Lantas, mengapa di Bumi tidak banyak hewan raksasa yang tersisa?

Ahli paleobiologi vertebrata di Florida State University Greg Erickson menjelaskan, ada banyak bukti fosil bahwa masa lalu purba benar-benar memiliki hewan yang lebih besar.

Sejak para ilmuwan menemukan simpanan tulang dinosaurus pertama yang diketahui pada abad ke-19, peneliti mengusulkan sejumlah ide untuk menjelaskan berkurangnya hewan raksasa saat ini.

“Tapi tidak ada yang bisa menunjukkan satu jawaban pasti. Ini sangat multifaktorial,” ujar Erickson seperti dikutip dari Live Science, Selasa (7/6/2022).