Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus yang Mati Saat Asteroid Menghantam Bumi

Kompas.com - 09/04/2022, 20:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber BBC

KOMPAS.com - Sekelompok ilmuwan mengklaim telah menemukan fosil kaki dinosaurus lengkap dengan kulitnya, yang mati dan terkubur tepat saat asteroid menghantam Bumi pada 66 juta tahun lalu.

Mereka pun memamerkan fosil dinosaurus yang berada di situs Tanis di Negara Bagian Dakota Utara, Amerika Serikat dan telah diawetkan itu.

Hingga kini, hanya sedikit sisa-sisa keberadaan dinosaurus yang ditemukan di bebatuan bahkan beberapa ribu tahun terakhir sebelum hantaman asteroid Chicxulub.

Oleh karenanya, penemuan fosil dinosaurus dari bencana alam yang terjadi jutaan tahun lalu itu merupakan hal yang menakjubkan.

Dilansir dari BBC, Kamis (8/4/2022) di lokasi yang sama dengan fosil ini ditemukan pula spesimen ikan yang diduga mati pada saat asteroid jatuh ke Bumi.

"Kami memiliki begitu banyak hal dari situs ini yang memberi tahu apa yang terjadi dari waktu ke waktu, mirip seperti menonton film. Anda melihat kolam batu, fosil, dan membawa Anda kembali ke masa lampau," ujar mahasiswa pasca sarjana di University of Manchester, Robert DePalma.

Baca juga: Fosil Dinosaurus Era Jurassic Ditemukan di Gurun Atacama, Dijuluki Si Naga Terbang

Dari situs Tanis ini, lokasi ditemukannya fosil kaki dinosaurus, tim ilmuwan akhirnya mengetahui bahwa batuan dari luar angkasa selebar 12 km menghantam planet kita lalu menyebabkan kepunahan massal, salah satunya memusnahkan dinosaurus.

Sisa-sisa hewan dan tumbuhan dari fenomena tersebut tampaknya bergabung menjadi timbunan sedimen oleh gelombang air sungai, diakibatkan getaran Bumi yang dahsyat.

Pada akhirnya organisme air turut bercampur dengan makhluk darat.

Spesimen ikan sturgeon dan paddlefish yang ada di dalam fosil ini menjadi kunci, bagi para ilmuwan untuk mengidentifikasi dinosaurus.

Mereka perlu memisahkan partikel kecil yang tersangkut di insangnya, untuk melakukan analisis kimiawi.

Pengujian temuan fosil kaki dinosaurus

Beberapa jurnal peer-review yang membahas mengenai fosil dinosaurus mati saat dihantam asteroid yang ditemukan di situs Tanis telah diterbitkan, dan tim penggali pun berkata akan menemukan lebih banyak bukti melalui studi lebih lanjut.