Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinosaurus Predator Ini Ditemukan di Argentina Disebut Megaraptor Terbesar di Dunia

Kompas.com - 06/05/2022, 19:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ahli paleontologi Argentina telah mengumumkan penemuan foail dinosaurus predator puncak dengan ukuran tiga lantai dari hidung hingga ekor. Mereka menyebut bahwa dinosaurus ini adalah spesies raptor yang dijuluki megaraptor terbesar. 

Dinosaurus jenis ini mengeluarkan isi perut mangsanya dengan cakar tajamnya yang melengkung.

Raksasa seberat enam ton tersebut menjadi megaraptor terbesar yang digali hingga saat ini. Makanannya dinosaurus kecil yang dicabik-cabik dengan cakar tajam melengkungnya.

"Itu menjadi predator puncak pada masanya," kata ahli paleontologi Mauro Aranciaga seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Peneliti Temukan Dinosaurus Tanpa Lengan di Argentina, Seperti Apa?

Menurut Aranciaga, dinosaurus predator ini layak mendapatkan nama ilmiah yang mengerikan Maip macrothorax, dengan Maip diambil dari sosok mitologis "jahat" dari masyarakat adat Aonikenk di Patagonia.

Menurut sebuah penelitian megaraptor terbesar ditemukan di Argantina yang dipublikasikan di jurnal Nature Scientific Reports, karakter tersebut dikaitkan dengan "bayangan kematian" yang membunuh dengan angin dingin di pegunungan Andes.

Sementara itu, macrothorax mengacu pada rongga dada makhluk yang sangat luas dengan lebarnya sekitar 1,2 meter (3,9 kaki). Nama ini pun menggambarkan dinosaurus predator yang merupakan megaraptor terbesar dunia dari Argentina. 

Baca juga: Lebih Ganas dari T-Rex, Dinosaurus Predator Ini Ditemukan di Argentina

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com