Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Serikat Laporkan Temuan 2 Strain Cacar Monyet Berbeda di Negaranya

Kompas.com - 07/06/2022, 09:31 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber ABCNews

KOMPAS.com - Otoritas kesehatan di Amerika Serikat (AS) melaporkan adanya temuan dua strain cacar monyet yang berbeda di negaranya.

Hasil itu diungkapkan berdasarkan analisis genetik dari kasus cacar monyet.

Monkeypox atau cacar monyet yang merebak di Amerika Serikat ini, sebelumnya diketahui sama seperti kasus infeksi di Eropa.

Akan tetapi, pejabat kesehatan AS menyebut dari sejumlah sampel yang diperiksa justru ditemukan jenis yang berbeda.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa ada kemungkinan bahwa virus cacar monyet sudah menyebar tanpa terdeteksi selama beberapa waktu.

"Saya pikir sangat mungkin ada kasus cacar monyet di Amerika Serikat yang sebelumnya tidak terdeteksi, tetapi tidak terlalu parah," ujar Wakil Direktur di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, Jennifer McQuiston dilansir dar ABC News, Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: Cacar Monyet di Inggris Mungkin Telah Menyebar Bertahun-tahun, Ahli Jelaskan

"Mungkin ada penularan tingkat komunitas yang terjadi, di beberapa bagian Amerika Serikat di mana virus (cacar monyet strain berbeda) tersebut belum diidentifikasi," lanjutnya.

McQuiston menekankan saat ini analisis terhadap lebih banyak pasien cacar monyet masih diperlukan, guna menentukan berapa lama penyakit ini telah beredar di negaranya maupun di negara lain.

Meski jenis virus tersebut tidak menyebabkan keparahan, ia menegaskan masyarakat tetap perlu waspada dan tidak abai terhadap risiko penularannya.

Pasalnya, penyakit cacar monyet bisa ditularkan melalui kontak fisik dekat dan menimbulkan sejumlah gejala termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, serta muncul ruam pada wajah dan tubuh.

Oleh sebab itu, CDC tengah berusaha untuk mendalami karakteristik dari infeksi cacar monyet maupun adanya potensi lebih banyak kasus yang akan dilaporkan.

Wabah cacar monyet diduga sulit dikendalikan

Di sisi lain, ahli virologi di University of Saskatchewan Dr. Angela Rasmussen menuturkan temuan dua strain cacar monyet berbeda di Amerika Serikat mengartikan kemungkinan bahwa wabah cacar monyet akan sulit dikendalikan.

Baca juga: Cacar Monyet Kini Ditemukan di 23 Negara, Ini Panduan Pencegahan WHO

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com