Kompas.com - 25/09/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Studi baru CDC menemukan, orang yang tidak divaksin, 11 kali lebih mungkin meninggal karena Covid-19, serta 10 kali lebih mungkin dirawat inap di rumah sakit. SHUTTERSTOCK/Africa StudioIlustrasi vaksinasi Covid-19. Studi baru CDC menemukan, orang yang tidak divaksin, 11 kali lebih mungkin meninggal karena Covid-19, serta 10 kali lebih mungkin dirawat inap di rumah sakit.


KOMPAS.com - Meskipun vaksinasi Covid-19 sudah dijalankan sejak Februari 2021, tetapi masih saja banyak informasi beredar mengenai efek samping pendarahan serius dan stroke akibat pecahnya pembuluh darah dalam tubuh yang disebut karena efek vaksin Covid-19.

Bernahkah demikian, dan apa sebenarnya efek samping vaksinasi Covid-19 di dalam tubuh?

Direktur RS Pusat Otak Nasional, Mursyid Bustami mengatakan, informasi efek samping serius pendarahan dalam tubuh dan stroke tidaklah benar.

Sebab, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang kuat dan valid, yang menunjukkan bahwa ada kaitan antara pemberian vaksinasi Covid-19 dengan terjadinya pembuluh darah pecah.

Ia menjelaskan, sekitar 20 persen stroke pendarahan disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah dengan penyebab utamanya karena tingginya faktor risiko tertentu dan bukan disebabkan Covid-19.

Baca juga: 8 Fakta Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"Terkait adanya info bahwa vaksin berisiko menyebabkan stroke pendarahan otak, kami klarifikasi bahwa secara ilmiah pun tidak ada hubungan antara stroke pendarahan dengan vaksin Covid-19," kata Mursyid dalam keterangan tertulis Kementerian Kesehatan, Jumat (24/9/2021).

Sedangkan, faktor risiko dari stroke pendarahan disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah dengan penyebab utamanya karena tingginya faktor risiko tertentu dan bukan disebabkan oleh vaksin Covid-19.

Sementara, faktor risiko lainnya yang umum menjadi pemicu terjadinya stroke adalah sebagai berikut.

  1. Diabetes
  2. Hipertensi
  3. Pola makan yang buruk
  4. Merokok
  5. Obesitas
  6. Kurang aktivitas fisik
  7. Alkohol
  8. Narkotika
  9. Genetika (riwayat keturunan)

"Kalau stroke pendarahan biasanya adalah penderita hipertensi. Yang terjadi adalah tidak kuatnya pembuluh darah menahan tekanan darah yang tinggi, sehingga terjadilah kebocoran," kata dia.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dikebut, Epidemiolog Ingatkan Jangan Sampai Ada Klaster

 

Mursyid mengingatkan agar masyarakat mewaspadai dan melakukan upaya pencegahan terhadap faktor-faktor risiko tersebut, dengan melakukan cek kesehatan secara berkala, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Untuk mengetahui itu, maka dilakukan pemeriksaan menyeluruh untuk mencari faktor risiko sehingga bisa kita kendalikan secepatnya," ujarnya.

Kendati pemberian vaksinasi Covid-19 tetap bisa menyebabkan efek samping, tetapi Mursyid menegaskan bahwa efek samping tersebut masih sangat ringan dan terjadi maksimal selama 2 hari pasca penyuntikan vaksin.

Adapun, efek samping vaksinasi Covid-19 kategori ringan dan mudah diatasi tersebut seperti demam, mengantuk, nyeri, lapar, bengkak di sekitar area suntikan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 pada Ibu Hamil, Ini Efek Samping yang Umumnya Terjadi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.