Kompas.com - 25/09/2021, 19:00 WIB
Manfaat temulawak (Curcuma xanthorrhiza) untuk kesehatan sangatlah berlimpah, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga membantu melawan kanker. SHUTTERSTOCKManfaat temulawak (Curcuma xanthorrhiza) untuk kesehatan sangatlah berlimpah, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan pencernaan, hingga membantu melawan kanker.

KOMPAS.com - Temulawak adalah salah satu herbal khas Indonesia yang banyak tumbuh di Jawa dan Bali. Namun, saat ini, temulawak telah dibudidayakan hingga di luar Indonesia, seperti Asia Tenggara, China, India, Jepang, Korea, dan Amerika Serikat.

Temulawak memiliki nama latin Curcuma zanthorrhiza dan merupakan herbal kerabat dekat jahe. Temulawak tidak hanya digunakan dalam bumbu masakan, namun juga sebagai obat tradisional.

Khasiat temulawak

Khasiat temulawak sebagai obat tradisional adalah sebagai berikut:

1. Meredakan penyakit maag

Berbagai penyakit maag bisa diatasi dengan mengonsumsi temulawak, seperti maag, kembung, ulser peptik, dan irritable bowel syndrome (IBS).

2. Meningkatkan nafsu makan

Sudah bukan hal baru, temulawak banyak ditemukan dalam suplemen anak sebagai penambah nafsu makan. Temulawak bekerja dengan cara mempercepat proses mengosongkan perut sehingga anak mudah merasa lapar

3. Mencegah penyebaran kanker

Penelitian menunjukkan bahwa temulawak mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Efek ini merupakan hasil dari tingginya kadar antioksidan di dalam temulawak yang bisa mencegah kerusakan sel.

Baca juga: 5 Obat Herbal Paru-paru agar Napas Lebih Lega

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Meningkatkan ketahanan tubuh

Temulawak padat akan berbagai komponen seperti amilase, fenol, lemak, pati, mineral, dan minyak atsiri. Komponen tersebut terbukti meningkatkan ketahanan tubuh.

5. Mengobati disfungsi liver

Kurkuminoid yang terkandung di dalam temulawak mampu mengobat penyakit hati, serta mencegah penumpukkan lemak pada hati. Oleh karena itu, temulawak bermanfaat sebagai obat alternatif untuk mengobati berbagai penyakit hati.

6. Meringankan gejala osteoarthritis

Orang yang mengonsumsi temulawak secara rutin terbukti mengalami peningkatan kondisi pada osteoarthritis yang dideritanya.

7. Meringankan gejala asma

Meminum air rebusan temulawak dipercaya bisa meringankan gejala asma. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek ini pada manusia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.