Kompas.com - 24/09/2021, 18:45 WIB
Ilustrasi pusat kebugaran shutterstockIlustrasi pusat kebugaran

KOMPAS.com - Ketika tak memungkinkan untuk berolahraga di luar rumah, salah satu alat olahraga yang banyak dipakai orang untuk berolahraga di rumah adalah sepeda statis.

Bersepeda memang baik untuk meningkatkan kebugaran, tapi apakah juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan?

Faktanya, sebuah studi dari jurnal Medical and Science in Sports and Exercise mengungkapkan, bahwa bersepeda selama 30-45 menit saja dapat meningkatkan BMR (Basal Metabolic Rate) – kalori yang diperlukan untuk melakukan aktivitas dasar tubuh - dan mempertahankannya sepanjang hari.

Baca juga: 8 Kebiasaan Makan yang Bisa Gagalkan Penurunan Berat Badan, Termasuk Makan Sambil Nonton

Sederhananya, ketika Anda mendorong dan menarik pedal sepeda olahraga, Anda menghadapi resistensi, yang membantu membangun otot dan meningkatkan kecepatan Anda membakar kalori, yang selanjutnya dapat mendorong penurunan berat badan.

"Dibandingkan dengan jenis latihan kardio lainnya, bersepeda tidak memberi tekanan pada persendian Anda, namun tetap membangun kekuatan dan daya tahan. Jadi ini adalah pilihan olahraga low impact yang bagus," kata instruktur pelatih sepeda statis, Kate Rowe-Ham.

Menurutnya, bersepeda dalam ruangan, bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai program pelatihan, dan saat berat badan Anda turun, Anda bisa menemukan bentuk latihan lain yang lebih sesuai untuk dilakukan, seperti lari dan HIIT.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengapa sepeda statis baik untuk menurunkan berat badan? Ini akan membuat Anda cenderung untuk tetap berpegang pada rencana pelatihan, karena dapat menggunakannya dalam segala cuaca.

Melansir Live Science, menurut American Heart Association, bersepeda di dalam ruangan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular (penanda penting kesehatan fisik yang mengacu pada seberapa baik jantung, paru-paru, otot dan darah Anda bekerja sama saat Anda berolahraga).

"Sepeda statis baik untuk menurunkan berat badan, karena merupakan cara yang sangat efisien dan efektif untuk membakar kalori. Di tambah lagi, bersepeda adalah aktivitas aerobik kardiovaskular yang memiliki manfaat tambahan seperti memperkuat jantung, paru-paru, dan otot Anda," kata Kate.

Meski demikian, Kate mengingatkan, yang akan memengaruhi seberapa banyak berat badan yang bisa diturunkan adalah intensitas latihan sepeda statis.

"Berolahraga dengan intensitas yang lebih tinggi akan membantu membakar kalori dan membangun kekuatan, sehingga dapat menyebabkan hilangnya lemak, di samping pola makan yang sehat," katanya.

Namun intensitas apada setiap individu berbeda, tergantung pada berat awal. Tapi, setidaknya sepeda statis dapat membakar sekitar 400-600 kalori per sesi.

Baca juga: 4 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.