Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman?

Kompas.com - 28/08/2021, 16:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Health.com

KOMPAS.com - Banyak orang ingin menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Bahkan, jika memungkinkan dengan cara yang sangat mudah.

Sayangnya, menurut para ahli gizi, kebanyakan program menurunkan berat badan yang mengejar hasil cepat tak dilakukan dengan cara sehat dan aman.

Umumnya berat badan yang turun dalam waktu cepat akan menjadi bumerang,di mana berat badan akan mudah untuk kembali naik.

Baca juga: Jangan Abaikan, 7 Tanda Anda Harus Menurunkan Berat Badan

Ahli gizi terdaftar Cynthia Sass, MPH, RD, mengatakan, beberapa orang yang menginginkan hasil penurunan berat badan yang cepat demi mendapatkan rasa percaya diri, kemungkinan memang memiliki motivasi dan momentum yang dibutuhkan untuk memudahkan perubahan gaya hidup.

“Meski begitu, cara terbaik adalah melakukannya dengan aman. Apalagi, ada kondisi tertentu yang membuat seseorang tak bisa menurunkan berat badan dengan cepat,” kata Sass.

Menurunkan berat badan dengan cepat

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa tingkat penurunan berat badan tidak selalu menentukan hasil di kemudian hari.

Melansir Health, satu studi yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Diabetes & Endocrinology, mendaftarkan lebih dari 200 pria dan wanita dengan BMI tinggi.

Selama fase pertama, peserta ditugaskan untuk mengikuti rencana penurunan berat badan cepat selama 12 minggu, atau program penurunan berat badan bertahap selama 36 minggu. Kedua pendekatan dirancang untuk mengurangi berat badan sebesar 15%.

Mereka yang kehilangan 12,5% atau lebih berat badan selama fase satu ditempatkan ke dalam rencana pemeliharaan berat badan fase dua selama 144 minggu.

Pada akhir penelitian, baik subjek yang mengalami penurunan berat badan secara bertahap dan mereka yang berada dalam kelompok penurunan berat badan dengan cepat telah mendapatkan kembali sebagian besar berat badan yang sebelumnya telah berhasil mereka turunkan.

Meskipun ini bukan hasil yang baik dalam hal manajemen berat badan, para peneliti mengatakan hasil penelitian menunjukkan, bahwa tingkat berat badan tidak mempengaruhi proporsi berat badan kembali.

Dengan kata lain, temuan tersebut tidak konsisten dengan keyakinan, bahwa berat badan yang hilang dengan cepat akan diperoleh kembali dengan lebih cepat. Karena, berat badan yang diturunkan secara bertahap juga memiliki kemungkinan untuk kembali naik.

“Namun, penelitian ini mendukung hasil yang telah saya lihat berulang kali dalam praktik saya, yaitu bahwa menjaga berat badan membutuhkan perubahan yang dapat Anda pertahankan dalam jangka panjang,” jelas Sass.

Baca juga: 3 Alasan Berat Badan Naik Selama Pandemi dan Cara Menurunkannya

Halaman:
Sumber Health.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com