Kompas.com - 24/09/2021, 16:29 WIB
Acromophilia adalah petish terhadap orang yang diamputasi ShutterstockAcromophilia adalah petish terhadap orang yang diamputasi

KOMPAS.com - Acrotomophilia adalah kondisi dimana seseorang tertarik secara seksual terhadap orang dengan disabilitas, terutama kaki atau tangan yang diamputasi.

Acromophilia adalah jenis fetish

Acromophilia adalah salah satu jenis fetish. Fetisisme adalah objek yang memicu rangsangan seksual. Objek yang memicu rangsang ini bisa makhluk hidup maupun benda mati.

Fetisisme adalah gangguan seksual yang bisa menyerang seseorang. Fetish adalah bentuk dari paraphilia, yaitu penyimpangan perilaku dan fantasi seksual yang berlangsung 6 bulan atau lebih.

Pada gangguan ini, pelaku bisa merasa terangsang secara seksual dengan benda-benda tidak lazim seperti sepatu, pakaian dalam wanita, kain tertentu, dan benda-benda lainnya.

Fetish bisa menyebabkan gangguan pada suatu hubungan dan menghancurkan hidup seseorang.

Baca juga: Apa Itu Fetish?

Acromophilia secara psikologis

Pada kasus acromophilia, pelaku merasa terangsang dengan pasangan yang aki atau tangannya diamputasi. Dalam bayangan mereka, pasangan yang diamputasi menunjukkan ketidakmampuan pasangannya untuk melakukan hal-hal tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelaku akan merasa menikmati perannya untuk mendominasi hubungan dan menganggapnya merawat pasangan dengan disabilitas tersebut.

Pedofilia bisa juga dikategorikan sebagai bentuk acromophilia. Hal ini dikarenakan anak-anak dianggap sebagai orang yang memiliki disabilitas secara fungsi.

Pelaku pedofilia dan acromophilia akan mengambil peran sebagai “orangtua” yang merawat anaknya.

Selain itu, pelaku akan bersikap grandiose atau merasa paling hebat dan tahu segalanya. Pelaku akan berharap pasangannya harus mengikuti semua kemauannya.

Perawatan acromophilia

Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa disembuhkan. Perawatan acromophilia adalah dengan perawatan psikoterapi yang dikombinasikan dengan obat-obatan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.