Apa Saja Penyakit pada Peredaran Darah Manusia?

24/09/2021, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Sistem peredaran darah manusia adalah sistem yang harus dijaga kesehatannya. Tahukah kamu apa saja penyakit pada peredaran darah manusia?

Dengan mengetahui berbagai penyakit pada peredaran darah manusia, kita bisa tahu cara mencegahnya.

Penyakit pada peredaran darah manusia

1. Jantung koroner

Penyakit jantung koroner merupakan penyebab kematian nomor satu di Indonesia dan di dunia. Penyakit jantung koroner adalah kondisi dimana arteri koroner tidak bisa menyuplai darah yang cukup untuk otot-otot jantung.

Arteri koroner adalah arteri yang bertugas menyuplai nutrisi dan oksigen ke otot jantung. Berkurang atau gagalnya suplai darah biasanya disebabkan karena adanya sumbatan arteri koroner akibat penumpukan lemak dan kolesterol.

Tidak adanya suplai oksigen dan nutrisi bisa menyebabkan otot jantung gagal berkontraksi untuk memompa darah. Gejala yang umum dirasakan antara lain dada sesak, sakit pada lengan dan punggung sebelah kiri, napas pendek, dan pusing.

Baca juga: Struktur serta Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah

2. Stroke

Stroke adalah kematian jaringan otak akibat tidak adanya suplai darah ke otak. Hal ini bisa terjadi karena dua hal, yaitu pembuluh darah ke otak tersumbat lemak atau pembuluh darah ke otak pecah.

Upaya yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit ini sama dengan cara mencegah penyakit jantung koroner. Caranya dengan menjaga pola hidup sehat, seperti menghindari makan makanan berlemak, olahraga rutin, istirahat yang cukup, dan menjaga berat badan ideal.

3. Varises

Varises adalah melebarnya pembuluh darah vena. BErikut adalah upaya yang bisa dilakukan agar terhindar dari varises:

  • Meninggikan kaki sekitar 15 sentimeter ketika sedang tidur, setelah melakukan perjalanan panjang atau aktivitas yang melelahkan
  • Menghindari mengangkat beban berlebih
  • Menghindari berdiri terlalu lama
  • Mengurangi berat badan berlebih
  • Olahraga teratur
  • Menghindari menggunakan sepatu hak tinggi.

4. Anemia

Anemia adalah gangguan darah yang ditandai dengan hemoglobin yang rendah. Jika seseorang kekurangan hemoglobin, orang itu akan merasa lesu, pusing, dan pucat.
Umumnya, anemia disebabkan defisiensi zat besi dan perdarahan hebat, misalnya pada masa menstruasi.

5. Hipertensi dan hipotensi

Kedua penyakit ini merupakan penyakit terkait tekanan darah. Normalnya, tekanan darah harus berada di angka 120/80 mmHg.

Hipertensi merupakan penyakit tekanan darah tinggi, sedangkan hipotensi merupakan kondisi tekanan darah terlalu rendah.

Gejala hipertensi antara lain sakit kepala, mudah lelah, perdarahan dari hidung, dan sesak napas. Umumnya hipertensi disebabkan obesitas, kolesterol tinggi, kurang berolahraga, dan stres.

Gejala hipotensi antara lain pusing, sering menguap, mudah berkunang-kunang terutama setelah duduk lama, dan tampak pucat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.