Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2021, 08:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comJantung adalah organ yang terdiri dari otot-otot dan berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Darah yang dibawa sangat penting karena membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anatomi jantung

Jantung terletak di dalam rongga dada dan diantara paru-paru. Kompartemennya disebut dengan mediastinum.

Jantung terdiri dari 4 kompartemen, 2 atrium dan 2 ventrikel. Masing-masing sepasang atrium dan ventrikel berfungsi untuk memompa darah ke paru-paru dan ke seluruh tubuh.

Atrium dan ventrikel yang memompa darah ke seluruh tubuh membawa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Sedangkan atrium dan ventrikel yang memompa ke paru-paru membawa karbon dioksida untuk ditukar di paru-paru.

Berat jantung normal manusia hanya berkisar 300 sampai 350 gram pada pria. Sedangkan pada wanita, berat jantung normal hanya sekitar 200 sampai 300 gram saja.

Baca juga: Bagaimana Cara Covid-19 Menyerang Jantung?

Lapisan jantung

Jantung manusia dilapisi oleh lapisan otot yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Epikardium

Epikardium adalah lapisan luar dinding jantung. Epikardium terdiri dari perikardium fibrosa dan jaringan epitel. Karakteristik jaringannya adalah jaringan ikat yang kuat, padat, dan tidak elastis.

Diantara ruang perikardium, terdapat ruang yang disebut pericardial cavity. Ruang ini sempit berisi cairan perikardial 10 sampai 15 mililiter. Cairan ini berfungsi memudahkan pergerakan jantung.

2. Miokardium

Miokardium adalah lapisan tengah dinding jantung. Karakteristik lapisannya tebal dan terdiri dari sel otot jantung. Miokardium berkontraksi untuk memompa darah ke aorta.

Terdapat saraf simpatik dan parasimpatik di otot jantung. Ini membuat jantung bekerja secara otomatis tanpa sadar.

Namun, beberapa faktor bisa menyebabkan kecepatan kerja otot jantung meningkat atau menurun. Misalnya, aktivitas fisik dan tingkat stres.

3. Endokardium

Endokardium adalah lapisan terdalam dari jantung. Karakteristik lapisan ini adalah tidak kaku karena berfungsi untuk mengumpulkan darah dan memompa darah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com