Kompas.com - 23/09/2021, 21:15 WIB
Ilustrasi burung hantu memiliki kemampuan penglihatan yang tajam dan pendengaran yang kuat di malam hari yang membantunya berburu dalam kegelapan. PIXABAY/CAPRI23AUTOIlustrasi burung hantu memiliki kemampuan penglihatan yang tajam dan pendengaran yang kuat di malam hari yang membantunya berburu dalam kegelapan.

KOMPAS.com - Burung hantu terkadang dianggap menyeramkan bagi sebagian orang, karena teriakannya di malam hari.

Namun tahukah Anda, ternyata salah satu tujuan burung hantu jantan bertanduk besar (Great horned owl) berteriak tegas adalah untuk memikat betina.

Melansir Zoo Idaho, Kamis (23/9/2021), burung hantu bertanduk besar mencapai kematangan seksual pada usia dua tahun. Mereka akan memulai masa pacaran pada akhir Januari atau awal Februari.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Suara Burung Hantu Punya Banyak Makna

Jantan dan bertina akan membungkuk satu sama lain dengan sayap terkulai dan saling menggosok paruh sambil bersolek sebelum berkembang biak.

Umumnya, betina akan bertelur sebanyak dua hingga empat telur dan dierami selama 26 sampai 35 hari berdua bersama pasangannya.

Pada usia 6 hingga 7 minggu, anak-anak mereka akan mulai berkeliaran dari sarang dan mulai terbang di usia 9 atau 10 minggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Burung hantu bertanduk besar remaja akan meninggalkan sarang di musim gugur.

Namun, selain untuk memikat pasangan, teriakan burung hantu bertanduk besar juga digunakan untuk berkomunikasi dan menetapkan wilayah.

Mereka akan menanggapi penyusup atau ancaman yang datang dengan tepukan, desis, jeritan dan suara serak yang sering dianggap menyeramkan.

Jika ancaman meningkat, burung hantu bertanduk besar akan melebarkan sayap dan menyerang dengan kaki mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.