Ternyata Ini Kekuatan Super Penglihatan Burung Hantu di Malam Hari

Kompas.com - 08/11/2020, 19:03 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Burung hantu adalah predator malam yang memiliki kemampuan penglihatan yang sangat tajam. Bahkan, burung hantu dapat melacak mangsa dalam kondisi cahaya yang paling redup.

Lantas, sebenarnya bagaimana burung hantu bisa memiliki kemampuan penglihatan super ini?

Studi baru yang telah diterbitkan dalam jurnal Genome Biology and Evolution mengungkapkan adanya mutasi genetik yang membuat spesies ini memiliki kekuatan super pada kedua matanya.

Penelitian ini mengidentifikasi cara unik DNA yang ada dalam mata mereka yang menjadikan penglihatan mereka sangat tajam di malam hari.

Baca juga: Burung Hantu Kena Obesitas ini Jalani Program Diet, Apakah Berhasil?

Dikutip dari IFL Science, Minggu (11/8/2020) penelitian menemukan bagaimana DNA tersebut bisa memberikan penglihatan super pada burung hantu di malam hari.

Sebagian besar spesies burung sama seperti manusia yakni memiliki sifat diaurnal, yang berarti paling aktif di siang hari dan mulai beristirahat pada malam hari.

Untuk melihat bagaimana pada akhirnya burung hantu menjadi penguasa malam, studi ini mencoba melihat 20 genom spesies burung yang berbeda, termasuk 11 burung hantu.

Bahkan penelitian ini juga melihat di mana sifat-sifat malam hari yang menguntungkan telah dipilih selama beberapa generasi.