Seberapa Efektif Masker dan Jaga Jarak Cegah Penyebaran Corona?

Kompas.com - 04/06/2020, 07:03 WIB
Ilustrasi new normal SHUTTERSTOCK/ MIA StudioIlustrasi new normal

KOMPAS.com - Studi terbaru yang didukung Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkap bahwa social distancing, penggunaan masker, dan pelindung mata dapat mengurangi penyebaran Covid-19.

Tinjauan tersebut menemukan, menjaga jarak setidaknya satu meter dengan orang lain bisa mengurangi risiko terpapar virus hingga 82 persen, dan menjaga jarak sampai dua meter akan lebih efektif mencegah penularan.

Selain itu, mengenakan masker dan pelindung mata seperti kacamata juga dapat mencegah penularan Covid-19.

Namun penulis mencatat bahwa temuan terkait masker dan pelindung mata hanya berdasar bukti yang terbatas.

Baca juga: Psikologi Jelaskan Penyebab Masyarakat Tak Patuh Protokol Corona Covid-19

"Meski menjaga jarak, menggunakan masker dan pelindung mata bisa memproteksi diri, tidak ada yang membuat seseorang benar-benar kebal dari infeksi Covid-19," kata pemimpin penulis penelitian Dr. Derek Chu, seorang ilmuwan klinis dari Universitas McMaster di Ontario mengingatkan.

"Oleh sebab itu, langkah sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun juga penting mengurangi penyebaran Covid-19 dan mencegah gelombang kedua," imbuhnya dilansir Live Science, Rabu (3/6/2020).

Dalam ulasan terbaru yang terbit di jurnal The Lancet, Senin (1/6/2020), Chu dan timnya memeriksa studi tentang Covid-19, SARS, dan MERS.

Secara keseluruhan, para peneliti menganalisis informasi dari 44 studi yang melibatkan 25.000 orang di 16 negara.

Tujuh dari 44 studi terkait Covid-19, 26 studi terkait SARS, dan 11 studi terkait MERS.

Studi tersebut meneliti efek menjaga jarak, penggunaan masker, dan pelindung mata untuk mencegah penularan virus corona.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X