Kompas.com - 03/06/2020, 12:43 WIB
Boneka dinosaurus sparkly berwarna biru ikut dalam misi SpaceX-NASA ke stasiun luar angkasa (ISS). Boneka ini berperan penting dalam misi ini, bukan sekadar hiasan. Tangkapan layar NASA TVBoneka dinosaurus sparkly berwarna biru ikut dalam misi SpaceX-NASA ke stasiun luar angkasa (ISS). Boneka ini berperan penting dalam misi ini, bukan sekadar hiasan.

KOMPAS.com - Robert (Bob) Behnken dan Douglas (Doug) Hurley adalah dua astronot NASA yang pertama meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kedua menuju orbit dengan menggunakan menggunakan roket Falcon 9, milik perusahaan SpaceX.

Ini merupakan peluncuran bersejarah. Di mana untuk pertama kalinya manusia menuju luar angkasa dibantu perusahaan swasta dan merupakan misi luar angkasa berawak NASA dalam 9 tahun terakhir.

Selain perjalanannya yang menarik, astronot yang dikenal dengan nama Bob dan Doug juga ditemani boneka dinosaurus yang gemerlap.

Boneka dinosaurus sparkly berwarna biru itu tentu menjadi perhatian banyak orang. Tak jarang yang penasaran kenapa boneka itu ikut dibawa ke ISS.

Jika Anda berpikir, boneka dino itu hanya hiasan semata, Anda salah.

Baca juga: Misi SpaceX, 2 Astronot NASA Sampai ISS dan Disambut Kosmonot Rusia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Boneka dinosaurus yang mungkin berukuran 30 sentimeteran ini memiliki peran penting dalam peluncuran misi SpaceX-NASA, terlebih dalam pemantauan timeline take-off.

Seperti diberitakan sebelumnya, SpaceX yang membawa Bob dan Doug meluncur ke luar angkasa pada Sabtu (30/5/2020). Mereka menebas 402 kilometer di atas Bumi dengan waktu tempuh 19 jam.

Dilansir IFL Science, Senin (1/6/2020), memang ada tradisi membawa boneka yang diberi nama "indikator nol (0) gravitasi" ketika meluncurkan awak ke luar angkasa.

Boneka ini berguna. Ketika mainan mulai melayang, ini memberi tahu para astronot bahwa roket berhasil memasuki mikrogravitasi (microgravity).

Ini tidak berarti bahwa roket telah keluar dari tarikan gravitasi Bumi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X