Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boneka Dinosaurus Ikut Perjalanan NASA ke ISS, untuk Apa?

Kompas.com - 03/06/2020, 12:43 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Robert (Bob) Behnken dan Douglas (Doug) Hurley adalah dua astronot NASA yang pertama meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Kedua menuju orbit dengan menggunakan menggunakan roket Falcon 9, milik perusahaan SpaceX.

Ini merupakan peluncuran bersejarah. Di mana untuk pertama kalinya manusia menuju luar angkasa dibantu perusahaan swasta dan merupakan misi luar angkasa berawak NASA dalam 9 tahun terakhir.

Selain perjalanannya yang menarik, astronot yang dikenal dengan nama Bob dan Doug juga ditemani boneka dinosaurus yang gemerlap.

Boneka dinosaurus sparkly berwarna biru itu tentu menjadi perhatian banyak orang. Tak jarang yang penasaran kenapa boneka itu ikut dibawa ke ISS.

Jika Anda berpikir, boneka dino itu hanya hiasan semata, Anda salah.

Baca juga: Misi SpaceX, 2 Astronot NASA Sampai ISS dan Disambut Kosmonot Rusia

Boneka dinosaurus yang mungkin berukuran 30 sentimeteran ini memiliki peran penting dalam peluncuran misi SpaceX-NASA, terlebih dalam pemantauan timeline take-off.

Seperti diberitakan sebelumnya, SpaceX yang membawa Bob dan Doug meluncur ke luar angkasa pada Sabtu (30/5/2020). Mereka menebas 402 kilometer di atas Bumi dengan waktu tempuh 19 jam.

Dilansir IFL Science, Senin (1/6/2020), memang ada tradisi membawa boneka yang diberi nama "indikator nol (0) gravitasi" ketika meluncurkan awak ke luar angkasa.

Boneka ini berguna. Ketika mainan mulai melayang, ini memberi tahu para astronot bahwa roket berhasil memasuki mikrogravitasi (microgravity).

Ini tidak berarti bahwa roket telah keluar dari tarikan gravitasi Bumi.

Mikrogravitasi, ketika semua benda mulai melayang, disebabkan oleh efek roket yang terus menerus jatuh ke arah Bumi tetapi bergerak sangat cepat sehingga meleset dari Bumi.

Baca juga: Mengenal Bob dan Doug, Astronot yang Terlibat dalam Misi Bersejarah SpaceX-NASA

Sekitar 10 menit setelah peluncurah, ilmuwan NASA melihat dinosaurus mulai melayang.

"Sepertinya kami melihat indikator nol gravitasi mengambang," ungkap seorang komentator NASA selama siaran langsung saat peluncuran, sekitar 10 menit setelah lepas landas.

Boneka dinosaurus sengaja dipilih, karena Bob dan Doug merupakan penggemar dinosaurus.

Sebelum dinosaurus biru yang mengkilap menemani Bob dan Doug, boneka dengan bentuk Bumi yang menggemaskan dan diberi nama "Earthy" pun telah menemani uji terbang perdana Crew Dragon ke ISS tahun lalu.

Sejak saat itu, boneka Earthy itu terjual habis di pasaran. Sementara di ISS, boneka Earthy menemani kehidupan para astronot di atas stasiun ruang angkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com