Kompas.com - 03/06/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi Borealopelta markmitchelli, dinosaurus herbivora yang sedang memakan tumbuhan pakis. NEWSWEEK/Ilustrasi Julius Csotonyi ©Royal Tyrrell Museum of PalaeontologyIlustrasi Borealopelta markmitchelli, dinosaurus herbivora yang sedang memakan tumbuhan pakis.


KOMPAS.com- Selama ini penelitian-penelitian mengenai bagaimana kehidupan dinosaurus ketika masih berada di muka Bumi telah banyak dilakukan. Tapi sepertinya, para ahli masih sedikit mengetahui secara detil perihal makanan yang mereka konsumsi.

Kini lewat sebuah temuan fosil dinosaurus herbivora, peneliti berhasil mengungkap apa saja yang dimakan dinosaurus tersebut sebelum punah sekitar 110 juta tahun yang lalu.

Pada 2011, penambang secara tak sengaja menemukan sisa fosil spesies Borealopelta markmitchelli, sejenis nodosaurus di dekat Fort McMurray, Alberta, Kanada.

Menariknya, bagian perut dari dinosaurus itu masih dalam kondisi bagus yang memungkinkan para ahli untuk menelitinya.

Baca juga: Peneliti Ungkap Kedahsyatan Asteroid yang Musnahkan Dinosaurus

Setelah penemuan itu, tim ilmuwan Kanada dari Royal Tyrrell Museum of Palaeontology, Brandon University, dan University of Saskatchewan mulai menyelidiki spesimen dengan isi perut terawetkan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Temuan isi perut dinosaurus yang terawetkan sangat langka dan spesimen yang ditemukan ini merupakan perut dinosaurus paling awet yang pernah ditemukan hingga kini," ungkap Jim Basinger, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi, seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (3/6/2020).

Dari hasil penelitian, para ahli berhasil mengungkap jika makanan terakhir nodosaurus hampir seluruhnya terdiri dari tanaman jenis pakis.

Baca juga: Kanibalisme Antar Spesies Dinosaurus Karnivora Pernah Terjadi, Ini Buktinya

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Open Science tersebut pun memberikan wawasan paling detail tentang diet herbivora besar yang hidup lebih dari 110 juta tahun yang lalu.

"Makanan terakhir dinosaurus herbivora itu 88 persen terdiri dari daun dan sisanya batang serta ranting," tambah David Greenwood, peneliti lain dalam studi.

Ia menambahkan, para ahli terkejut saat memeriksa bagian tipis isi lambung dengan mikroskop karene menemukan sisa-sisa tanaman yang terawetkan dengan baik. Selama ini para peneliti bahkan tidak bisa menemukan sisa tanaman pakis yang terawetkan pada bebatuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.