Keutamaan Silaturahmi, Membuka Pintu Rezeki hingga Dijauhkan dari Siksa Neraka

Kompas.com - 24/05/2020, 09:30 WIB
Ilustrasi berjabat tangan shutterstockIlustrasi berjabat tangan

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan tidak terasa berjalan begitu cepat dan sudah meninggalkan umat Islam.

Di bulan Ramadhan, terdapat begitu banyaknya amalan dan pahala yang bisa didapatkan.

Puncak dari ibadah puasa di bulan Ramadhan ialah hari raya kemenangan atau hari raya Idul Fitri.

Biasanya, saat Idul Fitri, umat Islam saling memberi dan meminta maaf kepada sanak saudara atau tetangga dengan bersalam-salaman atau bersilaturahmi.

Namun, di masa pandemi virus corona seperti ini, silaturahmi dengan bersalam-salaman dapat diganti dengan siaturahmi secara digital.

Baca juga: Soal Silaturahmi di Hari Raya, Sudah Ada Sejak Zaman Rasulullah hingga Dapat Hapuskan Dosa

Lantas, apa saja keutamaan silaturahmi?

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Warga membaca Al Quran di Masjid Agung Suhada, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, Ramadhan tahun ini berlangsung dengan suasana sepi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.ANTARA FOTO/AKBAR TADO Warga membaca Al Quran di Masjid Agung Suhada, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/4/2020). Di tengah pandemi Covid-19, Ramadhan tahun ini berlangsung dengan suasana sepi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Menyambung tali silaturahmi merupakan salah satu bentuk kecintaan dan ketakwaan seorang hamba.

Hal tersebut dibuktikan dengan sabda Rasulullah: Allah 'azza wa jalla berfirman:

"Aku adalah Ar-Rahman. Aku menciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku akan menjaga hak nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya." (HR. Ahmad).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar