Hikmah Ramadhan: Manusia Berilmu

Kompas.com - 23/05/2020, 05:15 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

MENJELANG milenium kedua Sebelum Masehi, Tanah Israil dilanda kekeringan. Kala itu rajanya Nabi Sulaiman, yang mewarisi dari ayahnya, Nabi Daud.

Sulaiman pun bergegas bersama dengan umatnya memanjatkan doa meminta hujan kepada Allah. Dalam perjalanan, Sulaiman terhenti sejenak melihat seekor semut tengah menengadahkan dua kakinya ke langit seraya berdoa meminta hujan:

“Ya Allah, hamba ini adalah salah satu makhluk-Mu yang amat memerlukan karunia-Mu.”

Sulaiman lalu memerintahkan kepada umatnya untuk pulang ke rumah.

“Pulanglah, doa kalian telah dikabulkan karena seekor semut itu,” kata Sulaiman. Begitulah salah satu kisah yang disampaikan Ibnu Katsir dalam Qashashul Anbiya (Kisah Para Nabi).

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Integritas

Nabi Sulaiman memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Bisa mengerti bahasa hewan, bahkan angin menjadi kendaraannya. Ia menguasai manusia, jin, dan hewan-hewan.

Ia bisa memerintahkan pasukannya memindahkan istana Ratu Balqis (QS An-Naml: 39). Jin Ifrit menyanggupi, istana berpindah sebelum Sulaiman berdiri dari tempat duduknya (QS An-Naml: 40), tetapi ada juga orang alim ahli kitab menyanggupi sebelum Sulaiman berkedip (QS An-Naml: 41).

Ada yang menduga namanya Ashif bin Barkhaya. Istana di Saba (Yaman) itu pun berpindah ke Baitul Maqdis (Jerusalem) dalam sekejap. Padahal berjarak lebih 2.000 kilometer. Ini bisa lebih cepat dari sambungan internet.

Kisah Sulaiman sangat inspiratif. Segalanya ia miliki tetapi tak membuat sombong. Sulaiman justru bersikap tawadhu dan rendah hati.

Baca juga: Hikmah Ramadhan: Meraih Kemenangan Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid-19

Itulah yang membedakan Sulaiman dengan generasi sekarang. Baru saja manusia terbuai dengan euforia abad digital yang mengubah paradigma perilaku manusia. Seolah-olah semua masalah dapat diatasi dengan kecanggihan teknologi digital.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar